Biznet Bangun Infrastruktur Jaringan Internet Masa Depan di Sumatera

Biznet Bangun Infrastruktur Jaringan Internet Masa Depan di Sumatera

Inkana Putri - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 18:59 WIB
Biznet
Foto: Biznet
Jakarta -

Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia memiliki visi di mana setiap individu dan bisnis dapat terhubung dengan lancar untuk menggapai potensi mereka secara individu dan kolektif. Kami juga ingin mengurangi kesenjangan digital di Indonesia khususnya di Pulau Sumatera. Oleh karena itu, Kini Biznet semakin membuktikan komitmennya dengan membangun Jaringan di Pulau Sumatera.

Pulau Sumatera kaya akan hasil bumi seperti kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara serta gas alam. Di sisi lain, Pulau Sumatera dikenal sebagai kota kaya akan keindahan alamnya yang memiliki beragam kuliner yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Pulau Sumatera menjadi pusat ekonomi kedua setelah pulau Jawa dengan jumlah penduduk 58,56 juta jiwa yang merupakan pulau dengan populasi terbesar di Indonesia setelah Pulau Jawa. Perkembangan era digital saat ini tentu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi beberapa kota di Pulau Sumatera, oleh karena itu adanya peranan internet menjadi penting untuk bisa mendukung segala aktivitas digital masyarakat di Pulau Sumatera.

Hadirnya jaringan Internet di Pulau Sumatera tentu memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pariwisata secara keseluruhan melalui teknologi. Sejalan dengan hal tersebut, Biznet berkomitmen untuk terus membangun infrastruktur jaringan internet masa depan, yang dapat menghadirkan layanan internet terbaik di Pulau Sumatera.

Pembangunan infrastruktur jaringan di Pulau Sumatera telah hadir sejak tahun 2014 di Kota Palembang, Kota Jambi dan Kota Padang. Perluasan ini terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya dengan membangun infrastruktur jaringan internet masa depan di kota Bandar Lampung, Kota Pangkal Pinang, Kota Bengkulu, Kota Pekanbaru, hingga dimajukannya Kota Pekanbaru sampai Kota Medan ke depannya akan sampai ke Kota Banda Aceh dengan panjang kabel kurang lebih 4.350 KM.

BiznetGambar Peta Jaringan Pulau Sumatera Foto: Biznet

Sejauh ini, Biznet secara nasional telah tercatat memiliki 64.000 km fiber optik dan 1.400.000 homepass. Pembangunan jaringan secara intensif dilakukan oleh Biznet, sudah tersebar di 19 provinsi, lebih dari 180 kota di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores, dan Timor.

Biznet Submarine Cable Network

Untuk mendukung peningkatan kapasitas jaringan Internet masa depan di Pulau Sumatera, Biznet saat ini sedang melakukan proses pembangunan untuk jaringan kabel fiber optic bawah laut yang menghubungkan antara Pulau Jawa, Sumatera dan Bangka. Kami menyebutnya dengan Biznet Submarine Cable Network. Jaringan ini terhubung dari Anyer (Jawa) - Kalianda (Sumatera) dan Sungsang (Sumatera) - Muntok (Bangka) sepanjang kurang lebih 100 km.

BiznetGambar Peta Jaringan Submarine Foto: Biznet

Infrastruktur jaringan kabel bawah laut ini akan menghasilkan performa internet terbaik dengan kapasitas bandwidth jauh lebih besar, dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan aktivitas digital masyarakat akan koneksi internet terbaik di Pulau Sumatera.

Sejak awal pandemi (Maret 2020), Biznet mencatat kenaikan trafik penggunaan internet pelanggan dari segmen pengguna perumahan atau residensial sebanyak 30 persen. Angka ini didorong oleh aktivitas bekerja, belajar, ibadah, belanja, dan kegiatan lain yang dilakukan secara online. Hal ini yang membuat Biznet menjalankan komitmennya menghadirkan layanan internet terbaik untuk masa depan Indonesia.

Yuk kita cek kota mana saja yg tersedia jaringan internet untuk masa depan dari Biznet di Pulau Sumatera:

Biznet

Biznet
BiznetFoto: Biznet

Untuk informasi tentang perusahaan dan layanan Biznet, Anda dapat mengunjungi:

(fhs/ega)