Indosat Ooredoo Hutchison Bakal Pasang 800 BTS 5G di Paruh Kedua 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Bakal Pasang 800 BTS 5G di Paruh Kedua 2022

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 15:15 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison
Foto: Indosat Ooredoo Hutchison
Jakarta -

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan terus memperluas cakupan sinyal 5G di Indonesia. Ratusan Base Transceiver Station (BTS) akan dipasang agar pelanggan bisa menikmati jaringan seluler generasi kelima.

"Saat ini 5G IOH sudah merambah di 5 kota. Nantinya kami akan kembangkan lagi sampai akhir tahun ini akan membangun 800 BTS di seluruh Indonesia," ujar Muhammad Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer IOH di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Hanya saja Danny tidak bisa menyebutkan daerah mana saja yang bakal diselimuti oleh 5G milik IOH selanjutnya. Saat ini pihaknya masih menggodok area mana saja dengan sejumlah pertimbangan.

"Tinggal pilih tempat-tempatnya. Apakah kantong-kantong industri, apakah kantong mahasiswa dan pelajar, ini kami lagi review ke mana akan menggelar 5G," kata Danny.

"Kan banyak nih strateginya, apakah di banyak kota atau di sedikit kota tapi luas. Ini yang kami akan lihat, tergantung pada analisa demand," sambungnya.

Analisis yang digunakan salah satunya melihat daerah mana yang banyak menggunakan ponsel 5G. Pihak IOH sendiri mengaku sudah memiliki data tersebut.

"Kami ada datanya, tinggal lihat oh daerah sini headset 5G-nya sudah ready, sudah 60-70%, jadi kami akan lihat itu," ujar Danny.

Untuk diketahui Indosat Ooredoo mulai mengkomersialkan layanan 5G pada Juni 2021.Saat ini layanan 5G milik IOH sudah bisa dinikmati di Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar dan Balikpapan.

Pada perhelatan Formula E di Jakarta yang berlangsung 4 Juni mendatang, IOH akan menyelimuti area balap dengan jaringan 5G. Tak tanggung-tanggung kecepatan 4 Gbps dijanjikan bisa dinikmati pelanggan.

Kemampuan tersebut berkat frekuensi 3,5Ghz sebesar 500MHz yang dipinjamkan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pengguna hanya cukup menggunakan HP 5G dengan USIM IOH, punya paket internet dan berada di area yang terjangkau 5G.

Dalam perhelatan Formula E, IOH bersama Ericsson bakal menghadirkan stan yang berada di Jakarta Royal Suite dan area E-Village di sisi utara dari Ancol Beach City. Di sana, pelanggan dapat melihat berbagai use case pemanfaatan teknologi 5G, seperti di antaranya cloud gaming 5G dan pengalaman kamera neckband Fitt 360.



Simak Video "Teknologi 5G Huawei dan ZTE Terancam Diblokir Kanada"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)