Internet Satelit Elon Musk Efektif Hadapi Invasi Rusia di Ukraina

ADVERTISEMENT

Internet Satelit Elon Musk Efektif Hadapi Invasi Rusia di Ukraina

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 06:49 WIB
Roket Falcon 9 SpaceX membawa satelit internet Starlink
Foto: Space.com
Jakarta -

Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov menyebut koneksi internet dari Starlink efektif untuk menghadapi invasi Rusia.

Maksud dari pernyataan Fedorov, yang juga merupakan menteri transformasi digital Ukraina ini adalah, warga ukraina tetap bisa terhubung ke internet meski Rusia berusaha mematikan sambungan internet di Ukraina.

"Kualitas dari sambungannya sangat bagus. Kami menggunakan ribuan, di ribuan area, terminal dengan kiriman baru yang datang setiap hari," jelas Fedorov dalam sebuah wawancara.

Dengan warganya yang tetap bisa terhubung ke internet itu, menurut Fedorov, warganya tetap bisa mendapat akses untuk menerima dan mengirimkan informasi ke seluruh dunia.

Sebelumnya dilaporkan juga kalau teknologi internet satelit dari Elon Musk itu membuat drone Ukraina bisa mendeteksi militer Rusia yang memasuki wilayah Ukraina.

Tim drone yang dimaksud adalah Aerorozvidka (Aerial Reconnaissance), terutama yang berada di daerah terpencil, menggunakan teknologi Starlink untuk terhubung database intelijen, yang membuat mereka bisa menentukan rute penerbangan dan serangan terhadap tank Rusia.

Namun perlu diingat, tidak ada konfirmasi dari Starlink ataupun SpaceX -- induknya -- mengenai penggunaan Starlink ini untuk keperluan militer. Namun yang jelas direktur badan antariksa Rusia Roscosmos Dmitry Rogozin tampak tak senang karena Musk mengirimkan teknologi untuk keperluan sipil itu ke daerah konflik, yang bertujuan untuk mengganggu tujuan Rusia di Ukraina.

Akses internet di Ukraina sudah terganggu sejak hari pertama invasi Rusia ke Ukraina, dan sampai saat ini kondisinya belum pulih. Kemudian Fedorov 'mencolek' Musk di Twitter.

"@elonmusk, saat anda berusaha mengkoloni Mars, Rusia mencoba menduduki Ukraina! Saat roket anda sukses mendarat dari luar angkasa - roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina," kicau Fedorov.

Kicauan itu pun dibalas oleh Musk, yaitu dengan mengaktifkan layanan Starlink di Ukraina dan mengirimkan perangkat terminal yang berfungsi untuk mengakses Starlink ke Ukraina.

"Layanan Starlink kini aktif di Ukraina. Lebih banyak terminal sudah di perjalanan," balas Musk di akun Twitternya.



Simak Video "Dua Apartemen di Chasiv Yar Ukraina kena Rudal, 31 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT