Tidak Ada Keluhan, Kominfo Sebut Fans MotoGP Dimanjakan Koneksi Internet

ADVERTISEMENT

Tidak Ada Keluhan, Kominfo Sebut Fans MotoGP Dimanjakan Koneksi Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Mar 2022 17:48 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 19: MotoGP rider Miguel Oliveira #88 of Portugal and Red Bull KTM Factory Racing competes during the qualifying round of the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 19, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto
Jakarta -

Euforia MotoGP masih terasa sampai saat ini. Koneksi internet yang berjalan dengan lancar alias tidak lemot, turut menyukseskan balapan motor tersebut.

Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail mengungkapkan bahwa sampai saat ini tidak ada keluhan terkait gangguan internet yang diterimanya.

"Alhamdulillah jaringan telekomunikasi dan seluruh frekuensi pendukung berjalan dengan lancar. Kami tidak mendapatkan adanya laporan keluhan apapun, bahkan banyak testimoni di media sosial yang puas dengan layanan telekomunikasi di event tersebut," ungkap Ismail kepada detikINET, Senin (21/3/2022).

Dengan tidak adanya keluhan internet selama MotoGP dihelat di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, koneksi internet di area tersebut mampu memanjakan para fans MotoGP.

Balapan kali ini semakin spesial karena sirkuit tersebut merupakan lintasan baru. Terakhir event MotoGP digelar 25 tahun silam dan digelar di Sirkuit Sentul.

"Saya kira demikian (MotoGP Mandalika sukses-red)," ucapnya.

Dengan kelancaran jaringan telekomunikasi tanpa hambatan tersebut, Kominfo dan seluruh seluruh stakeholders yang terlibat, termasuk para operator seluler untuk mempertahankan dan meningkatkan performance dalam setiap event nasional dan internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

"Kolaborasi semua pihak menjadi hal yang sangat penting untuk menunjukkan kualitas jaringan telekomunikasi di Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, Kominfo beserta pihak yang terlibat telah melakukan berbagai persiapan jelang MotoGP yang berfokus pada tiga layer telekomunikasi, backbone, middle mile, dan last mile.

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika telah mengeluarkan persetujuan dan Izin Stasiun Radio (ISR) yang terdiri atas empat frekuensi guna mendukung Tes Pramusim MotoGP sejak beberapa lalu.

Pertama pita frekuensi radio 410 - 430 MHz untuk komunikasi operasional Sirkuit Pertamina Mandalika oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan. Komunikasi pada frekuensi ini menggunakan teknologi trunking digital.

Kominfo juga menyediakan pita frekuensi radio 440 - 470 MHz untuk komunikasi internal sembilan tim balap yang dikoordinasikan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, baik berupa headset radio maupun Handy Talky (HT).

Kemudian pita frekuensi radio 3,5 GHz dan 26 GHz untuk mendukung 5G showcase oleh dua operator seluler, yakni Telkomsel dan XL Axiata. Pada pita frekuensi 3,5 GHz, telah dilaksanakan uji koeksistensi antara 5G dengan layanan satelit. Hasilnya sementara ini, tidak terjadi gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G.



Simak Video "Tes Pramusim MotoGP 2023 Tak Singgah ke Mandalika, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT