Peran Internet yang Gaspol Bikin MotoGP Mandalika Nggak Malu-maluin

Peran Internet yang Gaspol Bikin MotoGP Mandalika Nggak Malu-maluin

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Mar 2022 07:45 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: MotoGP rider Miguel Oliveira #88 of Portugal and Red Bull KTM Factory Racing celebrates with the trophy during the victory ceremony after winning the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto
Jakarta -

Seiring Miguel Oliviera berhasil jadi juara di Pertamina Grand Prix of Indonesia, akses internet lancar pun turut andil kemeriahan MotoGP Mandalika tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi kolaborasi operator seluler dalam menghadirkan layanan telekomunikasi, khususnya internet, bagi para fans MotoGP yang menyaksikan langsung di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Di sirkuit dengan panjang lintasan 4,3 km itu diselimuti jaringan internet 4G dan 5G. Khusus untuk 4G, kecepatan internet tembus 100 Mbps.

"Secara khusus untuk mendukung Mandalika, ada tiga operator yang bekerja saling berkolaborasi yaitu Telkom grup, XL Axiata dan indosat. MotoGP didukung dengan coverage 4G dan 5G. (Jaringan) 5G juga sangat cepat, upload sampai dengan 788 Mbps dan download 127 Mbps. Ini hasil dari speedtest setiap hari yang dilakukan," tutur Menkominfo dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (20/3/2022).

Guna mendukung kebutuhan akses jaringan telekomunikasi, Kementerian Kominfo juga menyediakan spektrum frekuensi radio khusus sebagai tambahan.

"Baik untuk 3,5 GHz maupun yang 26 GHz untuk 5G. Saya berharap akan lebih siap dan lebih lancar pada hari ini. Semoga penyelanggaraan ini bagus," kata Johnny.

Menurut Menkominfo, operator telekomunikasi juga meminjamkan spektrum frekuensi radio 2,3 GHz khusus untuk mendukung layanan 5G di area Mandalika.

"Sisi kesiapan infrastruktur TIK saya melihat kontribusi dan kerjasama yang kuat dari operator seluler maupun operator jaringan hasilnya cukup baik dari speed test tersebut," tandasnya.

Menkominfo mengapresiasi kolaborasi industri telekomunikasi Indonesia. Bahkan mengharapkan kolaborasi itu juga berlangsung dalam mendukung sektor pariwisata serta kebutuhan transformasi digital nasional.

"Maka tidak saja tentang MotoGP-nya atau kepariwisataannya tetapi ini juga terkait industri telekomunikasi dan digital nasional kita. Sehingga memang koordinasi dan kerjasama yang dibangun selama ini," ungkapnya.

Simak Video 'Peristiwa di MotoGP Mandalika: Kecelakaan Marc Marquez hingga Pawang Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(agt/afr)