Internet 5G XL Axiata Siap Ngebut di Mandalika dan Gratis! - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Internet 5G XL Axiata Siap Ngebut di Mandalika dan Gratis!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 19 Feb 2022 17:59 WIB
Sejumlah pebalap kembali memacu kecepatan motor mereka di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Hari ini jadi hari terakhir gelaran tes pramusim MotoGP 2022.
Internet 5G XL Axiata Siap Ngebut di Mandalika dan Gratis! Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Perkuat 4G di Seluruh Lombok

Tak hanya membawa sinyal 5G, XL Axiata juga melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok. Saat ini, layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area Sirkuit Mandalika, XL Axiata telah menerapkan teknologi terbaru, yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data. XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada.

Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT