Siap-siap! Telkomsel Matikan Layanan 3G Bertahap di 2022

Siap-siap! Telkomsel Matikan Layanan 3G Bertahap di 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 13:12 WIB
BTS Telkomsel
Telkomsel Matikan Layanan 3G Secara Bertahap di 2022. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Akhir hayat layanan 3G semakin dekat. Telkomsel mengumumkan akan melakukan upgrade seluruh layanan 3G ke 4G secara bertahap di tahun 2022.

Langkah Telkomsel tersebut seiring dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang saat ini tengah mengkaji penghapusan layanan 3G dan memeratakan akses internet 4G.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam siaran persnya, Jumat (21/1/2022).

Menurut Hendri, upgrade layanan 3G ke 4G yang dilakukan Telkomsel ini untuk membuka peluang bagi masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan, guna mendukung beragam aktivitas digital yang lebih seamless dan nyaman.

Telkomsel memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang.

Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Di sisi lain juga, anak perusahaan Telkom ini tetap berkoordinasi dengan Kominfo, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terkait upgrade layanan 3G ke 4G.

"Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan," kata Hendri.

"Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," pungkas Bos Telkomsel ini.



Simak Video "Telkomsel Matikan Layanan 3G Mulai Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)