Pelanggan Seluler RI Banyak Nongkrong di Internet Saat Nataru 2022

Pelanggan Seluler RI Banyak Nongkrong di Internet Saat Nataru 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 10 Jan 2022 15:22 WIB
Happy Asian woman laughing while lying on the bed using smartphone mobile at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid
Jakarta -

Operator seluler mengungkapkan telah mengatasi lonjakan trafik internet pada momen Natal dan Tahun Baru 2022. Para pelanggan seluler Indonesia ternyata banyak 'nongkrong' di internet.


Indosat Ooredoo Hutchison

Operator seluler hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) ini mencatatkan ada kenaikan trafik data 24% saat pergantian tahun tersebut, di mana 98% di antaranya ada di jaringan 4G.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Balikpapan, Manado, dan Samarinda.

Sementara itu, Youtube, Facebook, WhatsApp, TitTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.

Selain itu juga, implementasi Command Center yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi, serta kesiapan saluran layanan pelanggan, adalah faktor pendukung lain yang menjamin pelanggan tetap terhubung selama periode liburan tersebut.

Telkomsel

Telkomsel melihat ada kenaikan trafik internet pada momen Tahun Baru 2022 sebesar 10% dibandingkan hari biasa. Sedangkan, dibandingkan tahun lalu, melonjak 22%.

Secara keseluruhan, total trafik payload broadband Telkomsel selama momen Natal dan Tahun Baru 2022 mencapai 44 Pb, atau tumbuh sekira 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Lonjakan trafik komunikasi layanan digital di periode ini didorong dengan peningkatan aktivitas layanan digital, seperti akses layanan e-commerce yang tumbuh hingga 21%, akses social media mencapai 15%, aktivitas browsing tumbuh 11%, streaming video sekira 13%, mobile gaming melonjak 87%, dan akses communication (instant messaging dan video conference) mencapai 12%, dibandingan trafik pada hari biasa 2021.

Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform seperti YouTube, Facebook, TikTok, WhatsApp dan Instagram yang turut memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data secara umum.

Berdasarkan wilayah, jika dibandingkan dengan hari biasa 2021, peningkatan trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah operasional Bogor (Jawa Barat) sebesar 16 persen, wilayah Deli Serdang (Sumatera Utara) dengan peningkatan payload sebesar 15 persen, wilayah Simalungun (Sumatera Utara) sekira 36 persen, wilayah Bandung (Jawa Barat) tumbuh 10 persen, dan Bekasi (Jawa Barat) dengan lonjakan hingga 9 persen.

Halaman selanjutnya: Smartfren dan XL Axiata >>>