Sinyal Seluler Tetap Aman Usai Gempa di NTT

Sinyal Seluler Tetap Aman Usai Gempa di NTT

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 15 Des 2021 06:45 WIB
Kerusakan akibat gempa M 7,4 NTT di Pulau Jampea, Selayar, Sulsel. (dok. Istimewa)
Foto: Kerusakan akibat gempa M 7,4 NTT di Pulau Jampea, Selayar, Sulsel. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan kondisi jaringan telekomunikasi terkini pasca gempa bumi melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya hingga muncul peringatan tsunami.

Juru Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan pengawasan kualitas jaringan telekomunikasi di lokasi kejadian.

"Dan menindaklajuti kendala penyediaan layanan jaringan telekomunikasi pasca gempa bumi pada hari ini, 14 Desember 2021," ujar Dedy kepada detikINET, Selasa (14/12/2021).

Lebih lanjut, Dedy menyampaikan sesuai laporan yang diterima oleh Kementerian Kominfo dari operator seluler pada pukul 13.00 WIB hari ini, tidak ada infrastruktur telekomunikasi yang terdampak akibat gempa yang terjadi.

Adapun operator yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa antara lain meliputi Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Telkom.

"Keseluruhan jaringan para operator seluler masih masih menunjukkan status aman dan tidak ada site Base Transceiver Station (BTS) yang down/off," ucapnya.

Disampaikan Dedy, Kementerian Kominfo akan terus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan jaringan telekomunikasi di area yang terdampak gempa.

"Untuk kemudian melakukan langkah pemulihan terhadap infrastruktur telekomunikasi yang mengalami kendala apabila diperlukan," pungkasnya.

Simak Video 'Update Dampak Gempa M 7,4 di NTT: 346 Rumah Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(agt/afr)