Pengungsi Gunung Semeru Disediakan Akses Internet Gratis

ADVERTISEMENT

Pengungsi Gunung Semeru Disediakan Akses Internet Gratis

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 10:43 WIB
Kominfo serahkan bantuan logistik dan akses internet untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.
Kominfo Sediakan Akses Internet Gratis Bagi Korban Pengungsi Gunung Semeru. Foto: Dok. Bakti
Jakarta -

Bersamaan dengan bantuan logistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan akses internet gratis bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Bantuan logistik dikirim oleh tim Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo, sekaligus mengimplementasikan bantuan akses internet gratis. Akses internet yang dihadirkan digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan koordinasi penanganan bencana dan dampaknya.

Akses internet gratis tersebut menggunakan satelit/VSAT ini telah berada di lokasi posko Kecamatan Pasirin, Jawa Timur, sejak 7 Desember 2021.

Saat ini, telah digeser di lokasi posko utama Candirejo untuk lebih dapat dioptimalkan fungsinya. WiFi dari akses internet di posko ini berfungsi sejauh radius 20 meter.

Ada dua unit peranti VSAT yang disiapkan, di mana yang telah difungsikan sekarang adalah VSAT mobile. Sedangkan, pengoperasian VSAT portabel menunggu arahan tim penanggulangan bencana di posko.

Tim Bakti diterima oleh Kepala Pusdalop Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putra, yang membuka beberapa posko di Kecamatan Candipuro. Bantuan Bakti Kominfo diserahterimakan di GOR Lumajang.

Kominfo serahkan bantuan logistik dan akses internet untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.Kominfo serahkan bantuan logistik dan akses internet untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Foto: Dok. Bakti

Sementara, bantuan logistik tersebut pagi Kamis (9/12) juga langsung didistribusikan ke titik-titik bencana dan pengungsian oleh BNPB.

Pasca Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12) menimbulkan kerusakan di Lumajang, wilayah paling terdampak akibat erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Selain itu, bencana alam ini juga menelan puluhan korban jiwa.



Simak Video "Daftar Situs Judi Berkedok Game Online yang Diblokir Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT