Kapan Indosat Ooredoo Hutchison Beroperasi? Ini Jawabannya

Kapan Indosat Ooredoo Hutchison Beroperasi? Ini Jawabannya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 10 Des 2021 14:02 WIB
Merger Indosat dan Tri melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison.
Kapan Indosat Ooredoo Hutchison Beroperasi? Ini Jawabannya. Foto: Indosat Ooredoo
Jakarta -

Kedua operator seluler Indonesia, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) telah sepakat untuk bergabung dan telah direstui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Lalu, kapan Indosat Ooredoo Hutchison mulai beroperasi?

Indosat Ooredoo Hutchison merupakan entitas baru hasil merger Indosat dan Tri. Penggabungan kedua perusahaan atas inisiasi kedua induk perusahaan masing-masing, yakni Ooredoo dan CK Hutchison.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Steve Saerang selaku SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, pada akhir bulan ini akan digelar Rapat Umumg Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"Saat ini kami masih menunggu pelaksanaan RUPSLB yang masih dijadwalkan di tanggal 28 Desember sesuai dengan informasi pada rapat sebelumnya," ujar Steve saat dihubungi detikINET, Jumat (10/12/2021).

Adapun agenda RUPSLB tersebut berisikan penyetujuan dan pengesahaan Indosat Ooredoo Hutchison untuk memulai perjalanannya di industri telekomunikasi Indonesia.

"Kami akan beroperasi saat telah mendapatkan persetujuan," ucap Steve.

Merger Indosat dan Tri ini berdasarkan kesepakatan induk perusahaan masing-masing, yaitu Ooredoo dan CK Hutchison. Transaksi 'perwakinan' ini mencapai USD 6 miliar atau setara Rp 85 triliun.

Dengan penggabungan kedua entitas perusahaan tersebut, nantinya Indosat Ooredoo Hutchison akan memanfaatkan pengalaman dan keahlian Ooredoo Group dan CK Hutchison dalam hal jaringan, teknologi, produk, serta layanan.

Mereka juga akan memanfaatkan operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang tersebar di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.

Adapun setelah merestui merger Indosat dan Tri, Kominfo telah memberikan syarat dan ketentuan kepada operator tersebut, di antaranya Indosat Ooredoo Hutchison diwajibkan menambah infrastruktur telekomunikasi, memperluas wilayah jangkauan, meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, dan mengembalikan lebar pita 5 MHz di pita frekuensi 2,1 GHz kepada negara dengan jangka waktu pengembalian satu tahun sejak ditetapkan.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)