XL Kasih Layanan Internet Gratis Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

ADVERTISEMENT

XL Kasih Layanan Internet Gratis Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 08 Des 2021 11:45 WIB
XL Axiata
XL Axiata Kasih Layanan Internet Gratis Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru. Foto: XL Axiata
Jakarta -

XL Axiata menyediakan layanan telepon hingga internet gratis bagi para pengungsi erupsi Gunung Semeru. Hal ini untuk memudahkan komunikasi ketika bencana alam menimpa mereka.

Tim XL Axiata akan segera memasang router di titik yang paling dekat dengan pengungsian guna memudahkan warga dan aparat mengakses layanan data dan internet. Kartu perdana dengan kuota data internet gratis dan telepon umum gratis juga akan disediakan.

Layanan telepon dan internet gratis untuk pelanggan dan masyarakat di lokasi bencana, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

XL Axiata juga menyelenggarakan program khusus #XLPeduli Semeru Malang dan Lumajang berupa layanan gratis menelepon dan SMS ke nomor XL Axiata maupun nomor operator lain. Untuk menelepon dan kirim SMS ke nomor XL Axiata, pelanggan bisa mendapatkan layanan unlimited.

Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode aktifasi 5 - 8 Desember 2021.

Operator seluler yang identik warna biru ini pun membuka saluran SMS donasi kepada pelanggan. Caranya adalah kirim SMS ke 6116 dengan keyword DONASI ERUPSISEMERU Atau via UMB/USSD, tekan *123*6116# pilih XLBerbagi_ERUPSISEMERU dan ikuti petunjuk selanjutnya.

SMS donasi tersebut telah dibuka sejak Minggu (5/12) yang nantinya hasil donasi pelanggan disalurkan XL Axiata dalam bentuk program yang disesuaikan dengan kebutuhan korban.

Jaringan XL Axiata Aman

XL Axiata memastikan secara umum semua layanan telekomunikasinya aman, tidak terdampak secara signifikan oleh terjadinya erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12).

Diketahui, XL Axiata memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir.

"BTS XL Axiata yang terdekat berjarak sekitar 11 km dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu dan pasirnya sangat dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS. Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset," ujar Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto.

"Kami akan berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana ini karena tentu saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat," sambungnya.

Hingga7 Desember 2021, jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang, terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Tempursari telah berangsur normal kembali. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data.

Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area pasca erupsi, maka semua BTS yang sempat terdampak juga sudah bisa beroperasi lagi. XL Axiata memiliki lebih dari 103 BTS di Kabupaten Lumajang, termasuk di lokasi bencana.

Tim teknis XL Axiata di lapangan, saat ini terus melakukan pemantauan dan pengecekkan untuk memastikan jaringan dan layanan tetap berfungsi optimal untuk digunakan masyarakat dan pelanggan.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT