Semeru Erupsi, Telkom Pastikan Jaringan Lumajang Tak Terganggu

Semeru Erupsi, Telkom Pastikan Jaringan Lumajang Tak Terganggu

Duta Aulia - detikInet
Minggu, 05 Des 2021 13:46 WIB
Bisnis Digital Topang Kinerja Telkom di Semester I-2021
Foto: Dok. Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan layanan telekomunikasi dari dan menuju Lumajang sekitarnya tidak terganggu karena dapat dilayani dengan jalur alternatif. Hal tersebut disampaikan seiring terjadinya bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021) kemarin.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengakui beberapa infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik Telkom terkena dampak dari bencana alam tersebut. Namun, setelah dilakukan pengecekan layanan telekomunikasi di daerah tersebut masih bisa dilayani.

Pujo Pramono menambahkan, Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya terpantau dalam kondisi aman. Sebagian layanan di beberapa lokasi yang ikut terdampak dikarenakan padamnya listrik di wilayah sekitar gunung.

"Kami telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya," katanya dalam keterangan, Minggu (5/12/2021).

Selain itu, ia memastikan, pihaknya saat ini tengah bekerja keras untuk terus melakukan pengecekan dan pemulihan layanan agar dapat beroperasi dengan normal.

"Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan TelkomGroup agar tetap beroperasi normal," tambahnya.

Selain berfokus pada layanan, Telkom juga menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan posko bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan serta bencana ini bisa segera berlalu," pangkas Pujo.

Simak Video 'Kepanikan Warga Dengar Awan Panas Susulan Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)