Selamat Tinggal Indosat GIG! - Halaman 2

Selamat Tinggal Indosat GIG!

Tim - detikInet
Kamis, 25 Nov 2021 06:15 WIB

Eksekusi Putusan MA

Penghentian Indosat GIG sehubung dengan eksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) No. 787 K/PID.SUS/2014 tertanggal 10 Juli 2014, perusahaan IM2 harus membayar Uang Pidana Pengganti sebesar Rp 1,35 triliun.

Tak hanya layanan internet tetap yang tutup, Corporate Secretary Indosat Ooredoo Billy Nikolas Simanjuntak mengungkapkan IM2 telah menandatangani berita acara serah terima asset di hadapan Kejagung pada 5 Agustus 2021 dan pada tanggal 16 November 2021, Kejagung telah memulai proses eksekusi dengan memasang tanda sita pada aset substantif IM2 berupa tanah, bangunan dan mobil IM2, terkait pelaksanaan Putusan Mahkamah Agung 2014.

"Mengingat kondisi keuangan IM2, maka IM2 akan ditempatkan pada posisi yang kemungkinan harus diambil alih. Dalam hal demikian, likuidasi akan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tata kelola IM2 dan Perseroan," ujar Billy.

Dampak kasus tersebut diklaim tidak mempengaruhi Indosat. Billy mengungkapkan, hingga dikeluarkannya pemberitahuan ini tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, kelangsungan usaha perseroan.

"Dapat kami yakinkan bahwa perseroan akan mengungkapkan perkembangan material lebih lanjut pada waktu yang tepat," ucapnya.


Izin Tutup ke Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan Indosat Grup sudah menyampaikan rencana penutupan layanan Indosat GIG ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berdasarkan informasi yang diterima Menkominfo bahwa terdapat 23.700 pelanggan yang terdampak penghentian layanan pesaing IndiHome, Biznet, dan MyRepublic ini.

"Terdapat 23.700 pelanggan terdampak dan potensi pengembalian hak pelanggan sebesar Rp 3,2 miliar," ujar Johnny saat dihubungi detikINET, Rabu (24/11/2021).

Lebih lanjut, terkait nasib pelanggan Indosat GIG saat ini, migrasi pelanggan juga telah disediakan, baik itu dari layanan Indosat maupun dari provider lainnya.

"Indosat wajib Membuka kanal komunikasi dengan pelanggan melalui email, call center maupun gerai serta sedang dalam proses membuka komunikasi lewat call center Indosat," tutur Johnny.

Disampaikan Menkominfo, Indosat Grup juga memberikan penjelasan Indosat GIG tutup layanan per 25 November 2021 kepada kepada Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

(agt/afr)