Gandeng Google, Indosat Genjot Transformasi Digital UMKM

Gandeng Google, Indosat Genjot Transformasi Digital UMKM

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 16 Nov 2021 14:40 WIB
Indosat Ooredoo
Gandeng Google, Indosat Genjot Transformasi Digital UMKM. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Jakarta -

Indosat Ooredoo mengaet Google untuk mempercepat digitalisasi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan perusahaan di Indonesia.

Kemitraan ini sebagai upaya menggenjot transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan enterprise di tanah air. Duet Indosat dan Google melayani UMKM Indonesia sebagai segmen target prioritas dan mencakup banyak bidang yang menjadi inti dari keunggulan kedua perusahaan.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengungkapkan pandemi berdampak secara signifikan terhadap UMKM, kemudian menghadirkan produk dan layanan digital baru yang mana masih berkembang.

"Melalui kemitraan ini, Indosat Ooredoo akan menawarkan solusi digital UMKM berbasis cloud dan berkemampuan 5G yang akan memberdayakan model bisnis baru dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan pasar dan peluang baru yang sebelumnya tidak mungkin. Kami menantikan kolaborasi yang panjang dan penuh manfaat dengan Google yang akan mempercepat digitalisasi di kalangan UMKM dan transformasi Indonesia menjadi masyarakat digital," tutur Ahmad dalam siaran persnya.

Kemitraan Indosat dan Google di antaranya sebagai berikut:

● Transformasi UMKM Indonesia secara digital di seluruh proses bisnis mereka

Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menciptakan marketplace yang dipersonalisasi dengan penawaran software-as-a-service dengan tujuan mendigitalkan UMKM sepenuhnya sejak mereka memulai bisnis mereka, dan di setiap tahap perjalanan bisnis mereka.

Hal Ini dapat mencakup membangun kehadiran online dengan Google My Business, meningkatkan produktivitas mereka dengan Google Workspace, memperluas dan mengotomatiskan bisnis mereka dengan AI/ML, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analitik data cerdas di cloud, serta banyak lagi.

● Transformasi perusahaan dan komunitas secara digital dengan kekuatan 5G

Bersama-sama, kedua perusahaan akan membangun portofolio solusi 5G edge computing yang menyatukan jaringan Indosat Ooredoo, teknologi terdepan Google Cloud, dan edge computing untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan bisnis nyata di seluruh industri.

Dengan menghadirkan komputasi dan kemampuan Google Cloud yang canggih, pelaku bisnis dapat memindahkan infrastruktur dari lokasi terpusat ke edges ini dan menjalankan aplikasi lebih dekat ke pengguna, serta membangun pengalaman yang mengubah industri ritel, perawatan kesehatan, manufaktur, hiburan, dan banyak lagi.

Aspek kunci lainnya dari pilar kemitraan ini adalah Indosat Ooredoo dan Google Cloud menjajaki pengembangan managed services B2B security untuk meningkatkan ketahanan mereka dan melindungi perusahaan dari risiko cybersecurity.


● Transformasi digital operasional Indosat Ooredoo

Untuk melanjutkan inovasinya dan membangun organisasi yang mengutamakan cloud, Indosat Ooredoo akan memodernisasi infrastruktur dan aplikasinya di Google Cloud.

Secara khusus, Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menetapkan peta jalan yang jelas untuk modernisasi data analitik tingkat lanjut dan adopsi AI/ML yang tidak hanya akan meningkatkan operasi inti, biaya, dan pengalaman pelanggan, tetapi juga memajukan posisi Indosat Ooredoo sebagai yang terdepan di ekosistem telekomunikasi, serta memungkinkannya untuk mengidentifikasi dan memaksimalkan peluang model bisnis baru di masa depan.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)