Pasca Merger dengan Indosat, Tri Janjikan Layanan Makin Ciamik

Pasca Merger dengan Indosat, Tri Janjikan Layanan Makin Ciamik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 15 Nov 2021 20:12 WIB
Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha
Merger Indosat dan Tri melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Hutchison 3 Indonesia (Tri) menjanjikan kualitas layanan kepada pelanggan akan lebih baik lagi pasca merger dengan Indosat Ooredoo.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan restui kepada penggabungan Indosat dan Tri yang melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison.

"Tidak ada yang berubah, bahkan secara bertahap akan lebih baik," ujar Wakil Presiden Direktur dan Chief Sales Officer Tri Indonesia, M Danny Buldansyah, Senin (15/11/2021).

Saat ini, disampaikan Danny, baik Tri maupun Indosat tengah mempelajari keputusan dari Kominfo terkait aksi korporasi yang dilakukannya.

Di sisi lain, usai merger Indosat dan Tri, kedua belah pihak akan membahas penggabungan kedua entitas perusahaan yang nantinya akan menggunakan nama Indosat Ooredoo Hutchison.

"Closing akan terjadi setelah RUPSLB. Setelah itu, kita akan beroperasi sebagai satu entitas (Indosat Ooreodo Hutchison)," ungkapnya.

Kominfo merestui merger Indosat dan Tri ini dengan mengajukan syarat dan kewajiban yang mesti dijalankan Indosat Ooredoo Hutchison ke depannya.

Dirjen SDPPI, Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan agar Indosat dan Tri tersebut memperhatikan prinsip perlindungan konsumen, menjaga iklim persaingan usaha yang sehat, dan tidak melakukan praktik usaha diskriminatif.

Berikut syarat dan ketentuan yang diberikan kepada Indosat Ooredoo Hutchison:

  1. Indosat Ooredoo Hutchison wajib melakukan penambahan jumlah site baru hingga tahun 2025 dengan jumlah paling sedikit sesuai dengan yang disampaikan pada proposalnya.
  2. Indosat Ooredoo Hutchison wajib memperluas cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler hingga tahun 2025 dengan jumlah desa/kelurahan baru yang terlayani paling sedikit sesuai degnan yang disampikan pada proposalnya.
  3. Indosat Ooredoo Hutchison meningkat kualitas layanan sampai dengan tahun 2025 dengan batas minimal throughput sesuai dengan proposal yang disampaikan.
  4. Indosat Ooredoo Hutchison wajib mengembalikan sebagian pita frekuensi radio kepada negara sebesar 5 MHz (2x5 = 10 MHz) di pita frekuensi 2,1 GHz. Namun, Indosat Ooredoo Hutchison diberikan masa waktu transisi paling lama satu tahun untuk menggunakan frekuensi 5 MHz itu terhitung sejak tanggal Izin Pita Frekuensi Radio hasil penggabungan ditetapkan.


Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)