Gelar DCE 2021, Cara Telkomsel Perkuat Kompetensi Pelaku UKM di RI

Gelar DCE 2021, Cara Telkomsel Perkuat Kompetensi Pelaku UKM di RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 02 Nov 2021 23:00 WIB
Telkomsel menggelar Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021, sebuah cara untuk mengakselerasi transformasi digital sektor para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.
Gelar DCE 2021, Cara Telkomsel Perkuat Kompetensi Pelaku UKM di RI. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menggelar Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021, sebuah cara untuk mengakselerasi transformasi digital sektor para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

Pelaku UKM dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas digital melalui rangkaian kegiatan webinar, lokakarya, dan pendampinga, sehingga mereka bisa berdaya dan bersaing di tingkat nasional maupun global.

"Inisiatif ini juga bagian dari membuka peluang dan mendukung upaya yang gencar didorong pemerintah agar sektor UKM dapat melewati berbagai tantangan, sehingga tetap dapat menjadi penggerak roda perekonomian bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi terkini," ujar General Manager CSR Telkomsel Andry Priyo Santoso, Selasa (2/11/2021).

Pada tahun sebelumnya, Telkomsel menggelar program sejenis bernama Digital Creative Millenials yang menyasar usaha kecil khusus busana lewat skema kemitraan dengan komunitas supplier dan marketer lokal di Jawa Barat.

Kali ini melalui DCE 2021, Telkomsel melakukan pendekatan berbeda dengan menggandeng entrepreneur dan brand owners lokal di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan, serta kolaborasi yang melibatkan ekosistem digital Telkomsel (99% Usahaku, Telkomsel MyAds, dan Kuncie) dan Emtek Digital (Bukalapak, Vidio, dan KLY).

Telkomsel menggelar Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021, sebuah cara untuk mengakselerasi transformasi digital sektor para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.Telkomsel menggelar Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021, sebuah cara untuk mengakselerasi transformasi digital sektor para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Foto: Telkomsel

Aksi kolaboratif ini diharapkan dapat menjadikan DCE 2021 sebagai wadah yang lebih optimal dalam mendorong kemajuan sektor UKM lokal untuk lebih berkembang dengan digital.

Dalam program DCE 2021 akan dilakukan tahap penyeleksian dengan memilih 150 UKM yang dapat mengikuti program, seperti menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu.

Selain itu, para UKM terpilih pun diberikan 'pintu' ke ratusan modul pembelajaran yang dapat diakses via website, mulai dari brand & design, storytelling, business & campaign, legal & IP rights, digital & social media, market research, quality control, hingga leadership & growth.

Selanjutnya, peserta kembali disaring hanya menjadi 15 UKM terpilih untuk mengikuti sesi workshop, orientasi, dan mentoring selama satu minggu.

Di akhir program, Telkomsel menggelar festival virtual UKM dengan memberikan 150 perserta DCE 2021 menjangkau pangsa pasar lebih luas.

"DCE 2021 diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi," ungkap Andry.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)