Telkomsel dan Biznet, Provider Internet Terkencang di Indonesia

Telkomsel dan Biznet, Provider Internet Terkencang di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 28 Okt 2021 07:45 WIB
Ilustrasi smartphone
Telkomsel dan Biznet, Provider Tercepat di Indonesia. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Speedtest mengumumkan laporan koneksi internet paling ngebut pada Q3 2021. Hasilnya, Telkomsel dan Biznet sebagai provider internet tercepat di Indonesia.

Telkomsel dan Biznet unggul di masing-masing layanan. Apabila Telkomsel jadi jawara sebagai operator seluler terkencang penyedia mobile broadband, sedangkan Biznet nomor wahid untuk urusan fixed broadband.

Mobile Broadband

Berdasarkan Speedtest Intelligence mengungkapkan Telkomsel mengungguli operator seluler lainnya, seperti Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, maupun Hutchison 3 Indonesia (Tri).

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Speed Score Foto: Speedtest by Ookla

Begitu juga soal latensi, Telkomsel masih unggul. Sedangkan dibelakangnya ada pergeseran poisisi dengan Tri jadi runner up-nya.

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Latensi Foto: Speedtest by Ookla

Berbicara Consistency Score, Speedtest yang telah mengukur masing-masing operator seluler menasbihkan Telkomsel juga yang paling teratas.

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Consistency Score Foto: Speedtest by Ookla


Fixed Broadband

Beralih ke layanan fixed broadband, Speedtest menyebutkan bahwa Biznet jadi yang paling atas dengan mencetak skor tertinggi, yaitu 42,17.

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Speed Score Foto: Speedtest by Ookla

Mengenai latensi, justru Biznet bukan ahlinya. MyRepublic jadi paling rendah latensinya selama Q3 2021 ini.

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Latensi. Foto: Speedtest by Ookla

Biznet kembali unggul pada Consistensy Score diikuti oleh MyRepublic, First Media, dan Telkom.

Speedtest mengumumkan laporan koneksi provider tercepat untuk layanan mobile dan fixed tercepat di Indonesia pada Q3 2021.Consistensy Score. Foto: Speedtest by Ookla

Berdasarkan Speedtest Global Index bulan September 2021, kecepatan internet mobile download rata-rata Indonesia naik empat peringkat menduduki urutan ke-108 dari 138 negara di dunia dengan kecepatan internet mobile download rata-rata mencapai 23,12 Mbps. Sebelumnya, koneksi RI ini di angka 21,96 Mbps.

Sedangkan, kecepatan internet fixed broadband, posisi Indonesia di kancah dunia malah lebih tidak bagus lagi ketimbang koneksi internet mobile.

Indonesia turun dua peringkat ke posisi 116 dari 181 negara dengan kecepatan internet fixed broadband download rata-rata 27,83 Mbps beda tipis dengan Komboja di atasnya dengan kecepatan internet 28,32 Mbps (115).



Simak Video "Menparekraf Gandeng Kominfo Lancarkan Koneksi Internet di 20 Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)