Cek Jaringan 4G XL di Pelosok Sumatera, Ini Daftar Lengkapnya

Cek Jaringan 4G XL di Pelosok Sumatera, Ini Daftar Lengkapnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 10:40 WIB
Jaringan XL kini mencapai wilayah pelosok Pulau Sumatera setelah terpilih mengoperasikan BTS Bakti Kominfo melalui program USO.
Cek Jaringan 4G XL di Pelosok Sumatera, Ini Daftar Lengkapnya (Foto: XL Axiata)
Jakarta -

XL Axiata memperluas jaringan 4G mereka ke pelosok di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) yang ada di Pulau Sumatera. Di mana saja titik penyebarannya?

Bersama dengan Telkomsel, XL Axiata berhasil memenangkan tender pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Total ada 132 titik desa kategori 3T yang berada di tujuh provinsi yang akan kami kelola melalu program USO ini," ujar Direktur Teknologi & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmasyusa dalam siaran pers yang diterima detikINET, Kamis (7/10/2021).

Kini, sinyal 4G XL Axiata tersedia berada di Samudera Hindia seperti Mentawai (Sumatera Barat), Nias (Sumatera Utara), serta Pulau Banyak dan Pulau Aceh (Aceh). Lalu ada juga Natuna dan Anambas (Kepulauan Riau) yang jauh di Laut Cina Selatan.

Selanjutnya di perairan Selat Malaka ada antara lain Pulau Jemur, Rupat Utama, dan Kepulauan Meranti yang masuk Provinsi Riau. Titik lainnya berada di desa-desa terpencil yang tersebar di Pelalawan (Riau), Singkil (Aceh), Bintan (Kepulauan Riau), Seluma (Bengkulu), dan Pesisir Barat (Lampung).

Jaringan XL kini mencapai wilayah pelosok Pulau Sumatera setelah terpilih mengoperasikan BTS Bakti Kominfo melalui program USO.Jaringan XL kini mencapai wilayah pelosok Pulau Sumatera setelah terpilih mengoperasikan BTS Bakti Kominfo melalui program USO. Foto: XL Axiata

"Semua jaringan yang dibangun dalam program ini merupakan jaringan 4G dan akan menggunakan koneksi vsat dan terestrial," ungkap Gede.

Lebih lanjut, Gede menyampaikan bahwa semua aspek teknis pembangunan infrastruktur jaringan radio dan transport sampai ke titik interkoneksi dengan operator, akan ditangani oleh Bakti.

Untuk operasionalnya, Gede mengatakan, perlu menunggu pembangunan infrastruktur ini selesai, sehingga dapat diintegrasikan dengan jaringan core, billing serta system layanan pelanggan XL Axiata.

"Informasi yang kami terima, pembangunan di sejumlah titik lokasi sudah akan dilaksanakan sebelum akhir tahun, selebihnya di tahun depan," imbuh Gede.

Dengan memenangkan tender menara 4G yang dibangun Bakti dengan program USO tersebut, memperkuat jaringan XL masuk ke daerah pelosok.

Di luar program USO, XL Axiata berkomitmen dengan dibangunnya jaringan 4G ke 861 desa terpencil. Selain itu, pada tender program USO sebelumnya, XL Axiata juga terpilih untuk mengelola ratusan titik desa terpencil yang tersebar di berbagai provinsi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua dan Papua Barat.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)