Telkomsel-XL Axiata Menang Tender 7.904 BTS 4G di Pelosok RI

Telkomsel-XL Axiata Menang Tender 7.904 BTS 4G di Pelosok RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 27 Sep 2021 15:19 WIB
Kominfo umumkan pemenang mitra penyedia layanan 4G di wilayah 3T.
Telkomsel-XL Axiata Pemenang Penyedia 4G di 7.904 Titik BTS Wilayah 3T (Foto: Screenshot)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan pemenang program penyediaan layanan 4G di 7.904 titik Base Transceiver Station (BTS) wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) Indonesia.

Adalah Telkomsel dan XL Axiata yang menjadi pemenangnya. Kedua operator seluler tersebut akan mengoperasikan layanan dari BTS yang dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo yang bertugas membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah pelosok.

Ke-7.904 BTS 4G tersebut diproyeksikan akan selesai dibangun secara bertahap oleh Bakti hingga akhir tahun 2022. Setelah itu, Telkomsel dan XL Axiata menyediakan sinyal 4G bagi masyarakat di wilayah 3T.

Berikut sembilan area paket kerja sama penyediaan layanan 4G di wilayah 3T:

  • Area 1 Sumatera (XL Axiata)
  • Area 2 Nusa Tenggara (Telkomsel)
  • Area 3 Kalimantan (Telkomsel)
  • Area 4 Sulawesi (Telkomsel)
  • Area 5 Maluku (Telkomsel)
  • Area 6 Papua Barat (Telkomsel)
  • Area 7 Papua Tengah Barat (Telkomsel)
  • Area 8 Papua Tengah Utara (Telkomsel)
  • Area 9 Papua Timur Selatan (Telkomsel)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan proses pemilihan mitra Kerja Sama Operasional (KSO) Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kominfo selama empat bulan.

Ia menjelaskan proses pemilihan mitra tersebut dilaksanakan dengan baik oleh Bakti Kominfo, sehingga muncul pemenang pemilihan untuk masing-masing sembilan area paket kerja sama.

"Pemenang pemilihan mitra KSO Bakti Kominfo di setiap paket kerja sama ditentukan berdasarkan rekam jejak peserta pemilihan dalam menyediakan layanan seluler kepada masyarakat," kata Menkominfo.

"Serta kemampuan peserta untuk menyediakan layanan seluler 4G yang berkelanjutan pada cakupan wilayah sekitar area paket kerja sama," sambungnya.

Dengan terpilihnya Telkomsel dan XL Axiata sebagai untuk menyediakan layanan 4G di wilayah 3T, selanjutnya proses persiapan integrasi BTS secara bertahap dapat dilakukan.

"Dan BTS yang sudah dibangun dapat segera beroperasi memberikan layanan seluler 4G kepada masyarakat di wilayah 3T," pungkasnya.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)