Optimalkan Gadget Canggihmu, Ini 4 Keunggulan eSIM Smartfren

Optimalkan Gadget Canggihmu, Ini 4 Keunggulan eSIM Smartfren

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 12:00 WIB
Smartfren
Foto: dok. Smartfren
Jakarta -

Teknologi telekomunikasi terus mengalami perkembangan. Selain membuat kualitas akses jaringan seluler maupun data semakin cepat, inovasi teknologi telekomunikasi juga berdampak pada perubahan bentuk kartu SIM.

Bentuk kartu SIM terus bertransformasi hingga mengecil seukuran nano. Bahkan kini telah ada kartu SIM digital yang dikenal sebagai eSIM. Smartfren adalah operator telekomunikasi pertama yang menghadirkan eSIM tersebut di Indonesia.

Dengan teknologi terbaru ini, pelanggan dapat mengakses layanan seluler tanpa harus memasukkan kartu fisik ke smartphone.

Melansir Globe, ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pengguna eSIM. Berikut ulasannya.

1. Tingkat Keamanan Lebih Baik

Selanjutnya, eSIM lebih aman untuk digunakan. Operator seluler dapat mengoptimalkan tingkat keamanan data pengguna eSIM melalui penguatan enkripsi dan meningkatkan keamanan data kredensial. Dengan begitu, privasi pengguna terjaga dengan baik agar tak bocor ke pihak tak bertanggung jawab.

2. Praktis Tanpa Kartu Fisik

eSIM lebih mudah untuk digunakan di smartphone. Pengguna tidak perlu memasukkan kartu fisik ke perangkat smartphone atau gawai lainnya. Cukup pindai kode QR untuk mengaktifkan nomor eSIM.

eSIM juga memiliki kapasitas penyimpanan data lebih besar dari kartu SIM fisik. Pengguna dapat menyimpan lebih banyak kontak di eSIM, sehingga tak khawatir kontak hilang saat berganti perangkat.

3. Dapat Diaplikasikan di Berbagai Jenis Gadget

Kehadiran eSIM memungkinkan gadget selain smartphone untuk mengakses jaringan seluler. Sebab, eSIM dapat dioperasikan tanpa harus memasukkan kartu fisik ke perangkat, cukup dengan pindai kode QR dan melakukan aktivitas.

Di tahun 2021, Smartfren meluncurkan untuk kali pertama eSIM yang dapat digunakan pada smartwatch. eSIM Smartfren ini diperkenalkan melalui paket bundling dengan Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE pada pertengahan Agustus lalu.

"Smartfren terus mewujudkan komitmennya menghadirkan inovasi produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Sebagai operator pertama di Indonesia yang menghadirkan eSIM, Smartfren kini meluncurkan bundling eSIM Smartfren eksklusif untuk Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE. Smartwatch ini kerap digunakan sebagai pendamping olahraga atau kegiatan di alam bebas. Dengan menggunakan eSIM Smartfren, pelanggan bisa mengoptimalkannya smartwatch tersebut sehingga lebih leluasa melakukan aktivitasnya, tanpa harus berada di dekat smartphone," kata Deputy CEO Mobility Sukaca Purwokardjono.

4. Optimalkan Fitur-fitur Smartwatch

Dengan mengaktifkan eSIM Smartfren di smartwatch, pengguna bisa mencatat aktivitas olahraganya ke dalam aplikasi kebugaran seperti Strava, atau menjelajah web menggunakan smartwatch tersebut. Selain itu, saat smartwatch terhubung ke smartphone, pelanggan bisa memakainya untuk menerima panggilan, membalas pesan yang masuk (quick reply) atau mengakses aplikasi peta digital.

Untuk mengaktifkan eSIM Smartfren di Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE, cukup dengan menghubungkan ke smartphone Android, gunakan aplikasi Galaxy Wearable di smartphone untuk memindai kode QR di kemasan kartu SIM, selanjutnya proses install eSIM Smartfren akan dimulai. Setelah terpasang, pengguna tinggal meregistrasi eSIM Smartfren agar dapat menggunakan berbagai layanannya.

eSIM Smartfren dapat digunakan dengan membeli kartu perdana dengan harga mulai dari Rp70 ribu saja. eSIM Smartfren tersedia dalam 3 pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, di antaranya:

1. eSIM Kuota Nonstop dengan total kuota 31 GB, dengan rincian 18 GB kuota 24 jam, 2 GB extra kuota/minggu yang akan didapatkan setelah kuota utama habis berlaku untuk 28 hari. Untuk yang pertama kali install aplikasi MySmartfren akan mendapatkan tambahan bonus kuota 5 GB. Kamu juga bisa internetan sepuasnya secara gratis mulai jam 1 sampai 5 pagi dengan Extra Unlimited Malam Full Speed. eSIM Kuota Nonstop bisa didapatkan dengan harga Rp70 ribu.

2. eSIM Unlimited dengan batas pemakaian wajar 1 GB/hari yang bisa digunakan di semua aplikasi, kapan saja, dan di mana saja. Kamu juga bisa internetan sepuasnya secara gratis mulai jam 1 sampai 5 pagi dengan Extra Unlimited Malam Full Speed. eSIM Unlimited bisa didapatkan dengan harga Rp85 ribu.

3. eSIM 90 GB yang terdiri dari 45 GB kuota 24 jam dan 45 GB kuota malam. Kelebihan dari eSIM 90 GB ini memiliki masa aktif yang panjang yaitu 1 tahun dan bisa didapatkan dengan harga Rp180 ribu.

eSIM Smartfren bisa menjadi teman internetan yang andal di berbagai tipe smartphone, antara lain Samsung Galaxy Fold, Galaxy Z Flip, Galaxy S20 Series, Galaxy Note 20 Series, Galaxy S21 Series, serta di Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE, dan iPhone 12 Series.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan eSIM Smartfren di smartphone termutakhir, seperti iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max, iPhone 11 Series, iPhone SE 2020, IPhone 12 Series. Begitu pula di Google Pixel 3 Series, Pixel 4 Series, dan Pixel 5, Huawei P40 dan P40 Pro, serta Microsoft Surface Duo dan Pro X.

Kartu perdana eSIM Smartfren bisa didapatkan di Galeri Smartfren, WhatsApp Galeri, Aplikasi GrabMart danmarketplacefavorit kamu, seperti di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan JDID. Pengguna Smartfren yang masih menggunakan kartu fisik juga dapat beralih ke eSIM, lho.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai eSIM yang bisa jadi teman smartwatch ini cek di tautan berikut ini.



Simak Video "Berapa Kira-kira Harga Paket Internet 5G? Ini Jawaban Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)