Telkomsel Bawa 5G ke PON XX Papua, Bisa Apa Saja?

Telkomsel Bawa 5G ke PON XX Papua, Bisa Apa Saja?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 04 Okt 2021 20:13 WIB
Telkomsel membawa ayanan internet super ngebut berupa 5G tersedia di PON XX Papua 2021.
Telkomsel Bawa 5G ke PON XX Papua, Bisa Apa Saja? (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bukan hanya kompetisi olahraga antardaerah yang tersaji, layanan internet super ngebut berupa 5G juga tersedia di PON XX Papua 2021.

Kehadiran jaringan seluler generasi kelima tersebut merupakan yang pertama kali digelar oleh Telkomsel di Bumi Cendrawasih. PON XX Papua 2021 menjadi momentum kehadiran 5G di Papua.

"Kami berharap, penerapan teknologi jaringan Telkomsel 5G dapat terus diakselerasikan secara terukur, bertahap, dan merata. PON XX Papua 2021 menjadi salah satu yang tepat untuk lebih memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan 5G yang berdampak positif kepada masyarakat di kawasan Indonesia Timur, terutama Papua," ujar Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam dalam siaran pers yang diterima detikINET, Senin (4/10/2021).

Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Papua, Telkomsel telah melakukan uji kecepatan jaringan 5G di Sorong, dan mencatatkan kecepatan download hingga 1 Gbps dengan latensi 8 ms.

Telkomsel membawa ayanan internet super ngebut berupa 5G tersedia di PON XX Papua 2021.Telkomsel membawa ayanan internet super ngebut berupa 5G tersedia di PON XX Papua 2021. Foto: Telkomsel

Selama perhelatan olahraga nasional berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase 'Telkomsel 5G Experience Center' yang berada di kawasan Stadion Lukas Enembe, Papua.

Sejumlah use case yang didukung teknologi 5G telah disiapkan bagi masyarakat Papua dan para pengunjung yang ingin menjajalnya, di antaranya 5G virtual reality (VR) live yang menghadirkan momen virtual kondisi secara langsung di dalam stadion.

Ada pula, 5G VR based drone untuk melihat seluruh area stadion, dan 5G VR Tourism yang menyajikan konten edukasi kekayaan alam dan budaya Papua dengan pengalaman digital yang berbeda.

Guna memaksimalkan pengalaman eksklusif teknologi 5G, pada showcase kali ini Telkomsel menawarkan pelanggan yang ingin mengakses jaringan 5G secara langsung dari smartphone 5G-nya.

Telkomsel membawa ayanan internet super ngebut berupa 5G tersedia di PON XX Papua 2021.Telkomsel membawa ayanan internet super ngebut berupa 5G tersedia di PON XX Papua 2021. Foto: Telkomsel

Telkomsel pun memperkenalkan fitur self-provisioning layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel. Melalui fitur ini, pelanggan dapat mengkonfirmasi apakah perangkat, kartu SIM, lokasinya sudah memungkinkan untuk mendapatkan akses jaringan dan layanan Telkomsel 5G. Dengan fitur ini, pelanggan juga dapat melakukan aktivasi/provisioning profil 5G untuk nomor ponselnya.

"Kami berharap, kehadiran pengalaman konektivitas digital melalui Telkomsel 5G ini dapat menjadi langkah awal dalam mendorong kemajuan yang lebih komprehensif bagi masyarakat Papua, sekaligus mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di bagian timur Indonesia mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan," tutup Hendri.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)