Telkomsel Kejar Perbaikan Layanan yang Sempat Down

Telkomsel Kejar Perbaikan Layanan yang Sempat Down

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 20 Sep 2021 21:34 WIB
VoLTE Telkomsel
Telkomsel Terus Kebut Perbaiki Layanan yang Sempat Down. Foto: dok Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menyampaikan informasi terkini terkait layanan internet miliknya yang sempat terganggu sejak Minggu malam (19/9/).

Gangguan yang bikin Telkomsel down kemarin, penyebabnya adalah karena adanya gangguan gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam.

Hal itu berdampak pada penurunan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua pada hari Minggu kemarin.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, Telkomsel bersama Telkom Group telah mengupayakan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak sejak gangguan terdeteksi.

"Saat ini, sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal. Kami akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh sehingga akses layanan internet Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa," ujar Denny dalam siaran persnya yang diterima detikINET, Senin (20/9/2021).

Telkomsel mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang tetap mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan sebagai dampak gangguan yang terjadi. Proses pemulihan layanan akan terus kami informasikan secara berkala," pungkasnya.

Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka) milik Telkom.Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka) milik Telkom. Foto: Submarine Cable Map

Gangguan pada kabel laut Jasuka tidak hanya dialami Telkomsel saja, layanan internet IndiHome juga terkena imbasnya. Telkom mengungkapkan layanan IndiHome dan Telkomsel sudah berangsur pulih pada hari ini.

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," ungkap Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono.

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," sambungnya.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," jelasnya.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)