Kuota Internet Gratis Kemendikbud Cair Hari Ini, Segera Cek HP Kalian!

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Cair Hari Ini, Segera Cek HP Kalian!

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 11 Sep 2021 12:20 WIB
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah.
Hari Ini Kuota Internet Gratis Kemendikbud Cair, Segera Cek HP Kalian (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Ingat, tepat hari ini, 11 September 2021, bantuan paket kuota dan internet gratis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) cair. Segera cek ponsel kalian sekarang!

Seperti yang sudah disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa bantuan ini diluncurkan pada 11 - 15 September, 11 - 11 Oktober dan 11 - 15 November. Ia menyatakan, kuota data berlaku 30 hari sejak diterima.

Program kuota dan internet gratis, ditujukan untuk mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), di tengah pandemi COVID-19. Anggaran yang telah disiapkan mencapai Rp 5,54 triliun, di mana target pelajar dan tenaga pendidikan yang menerima hingga 38,1 juta.

Berikut detail besaran dan aturan penerimaan, seperti dilansir detikINET dari laman Kemendikbud Ristek, Sabtu (10/9/2021).

Besaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud 2021:

  • Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

Syarat Penerimaan Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbud 2021:

  • Terdaftar pada aplikasi Dapodik, untuk pelajar dan guru pendidikan dasar dan menengah.
  • Terdaftar pada aplikasi PDDikti, untuk mahasiswa dan dosen
  • Memiliki nomor HP yang aktif
  • Jika penggunaannya nol bytes atau di bawah 1 GB, maka bantuan akan dihentikan pada bulan ketiga dari masa program (November 2021)

Kuota dapat dipakai untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi, di mana memang tidak diblokir oleh Kominfo. Adapun beberapa media sosial yang diblokir, seperti Facebook, Instagram, Pinterest, SnackVideo dan Snapchat.

Perlu menjadi catatan juga, sayangnya kuota gratis ini, tidak memberikan akses bagi pelajar dengan hobi bermain game. Karena sejumlah permainan berbasis online telah diblokir, mulai dari Garena Free Fire, Garena AOV, FIFA Mobile Football, Clash of Clans, Mobile Legends, PUBG, Roblox.

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi video pun turut ditutup aksesnya di antaranya TikTok, Viu dan Netflix.

Sedikit informasi, Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud, akan disalurkan langsung ke nomor handphone pelajar dan pengajar. Akan tetapi, hanya berlaku bagi yang sudah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan PDDikti.



Simak Video "Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dihentikan Mulai Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)