Uji Kecepatan 5G XL Axiata, Tembus 322 Mbps

Uji Kecepatan 5G XL Axiata, Tembus 322 Mbps

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 18:43 WIB
Jakarta -

Setelah Telkomsel dan Indosat Ooredoo, XL Axiata menjadi operator ketiga yang telah mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar 5G di Indonesia. detikINET menjajal kecepatannya, tembus berapa?

Pengujian dilakukan di XL Center yang terletak di Axiata Tower, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021). Kami menggunakan ponsel Oppo Reno5 5G.

Sebelum pengujian, kartu XL terlebih dulu diregistrasi di bagian customer service. Berikut hasilnya:

1. Kecepatan

Kami menggunakan aplikasi Speedtest, kecepatan download tertinggi yang ditorehkan 322 Mbps. Sementara kecepatan upload hanya 58 Mbps.

5g XL Axiata5g XL Axiata Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

2. Download aplikasi

detikINET coba mengunduh aplikasi Call of Duty Mobile dari Play Store berukuran 3,2 GB. Aplikasi tersebut rampung diunduh dalam 4 menit, dan ketika dimainkan tidak ada lag.

3. Video 4K

Saat menjajal menonton video 4K di YouTube, kami tidak menemukan buffering sama sekali.

Cara Mencoba 5G XL Axiata

Pelanggan umum diberikan kesempatan untuk menjajal 5G milik XL Axiata. Syaratnya telah menggunakan ponsel yang mendukung band yang digunakan.

"Kami menggunakan frekuensi 900 MHz, 1.800 MHz, 2.100 MHz," terang Ahmad Hamzah, Head Strategic Operation and Automation XL Axiata.

Selanjutnya kartu SIM card yang digunakan harus diregistrasikan di XL Center.

"Pelanggan yang sudah pakai device 5G akan di kirim SMS. Tap yang tidak dapat SMS bisa datang ke CS buat diregister juga dan mendapatkan kuota ujicoba 5G sebesar 25 GB," terang Hamzah.

Adapun lokasi pengujian bisa dilakukan di XL Center di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. Dalam waktu dekat akan ada di Medan, Banjarmasin dan Makassar.

Sementara di area publik berada di sebagian Jalan Margonda, Depok dan Gedung Sate, Bandung

(afr/fay)