Ini Manfaat 4G/LTE Telkomsel untuk Maksimalkan Gaya Hidup Digital

Ini Manfaat 4G/LTE Telkomsel untuk Maksimalkan Gaya Hidup Digital

Nurcholis Maarif - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 16:15 WIB
Telkomsel mempermudah pelanggan dalam menukar atau yang ingin upgrade ke kartu 4G.
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menjadi operator pertama yang mengoperasikan 5G di Indonesia. Pada sisi yang lain, Telkomsel juga masih terus melakukan pemerataan akses broadband di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) hingga perbatasan negara dengan layanan broadband 4G/LTE.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel telah menggelar lebih dari 2.000 BTS di seluruh wilayah 3T hingga perbatasan negara yang merupakan bagian dari proyek BTS Universal Service Obligation (USO), yaitu upaya kolaborasi bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) dalam pemerataan dan kesetaraan akses broadband di seluruh Indonesia.

"Upaya tersebut juga menjadi kontribusi nyata Telkomsel dalam mendukung usaha pemerintah untuk menyediakan jaringan 4G/LTE di seluruh desa pada 2022," ujarnya beberapa waktu lalu, dikutip dari situs resminya, Senin (12/7/2021).

Selain itu, untuk mendukung kewajiban yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menghadirkan jaringan broadband di wilayah non-3T yang belum mendapatkan akses internet cepat, Telkomsel telah menggelar 1.500 BTS 4G/LTE sesuai yang diamanatkan oleh pemerintah melalui Kemenkominfo.

Nah, ada baiknya kalian ketahui manfaat 4G/LTE yang saat ini digunakan untuk memaksimalkan gaya hidup digital masa kini.

Manfaat Jaringan 4G/LTE Telkomsel

Kemunculan teknologi 4G/LTE di Indonesia sejak tahun 2014 membawa angin segar bagi perkembangan internet seluler di Tanah Air. Tentu saja bila dibandingkan dengan 2G dan 3G, kecepatan internet yang disuguhkan lewat kedua teknologi sebelumnya tidak sebanding atau bisa dibilang cukup lambat.

Secara teori, 4G sanggup menghantarkan kecepatan hingga lebih dari 200 Mbps. Adapun manfaat jaringan 4G/LTE sebagai berikut.

1. Mendukung Gaya Hidup Digital

Salah satu manfaat utama penggunaan layanan 4G yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah untuk mendorong gaya hidup digital, seperti menonton video streaming lebih kencang, mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, download dan upload tanpa kendala, hingga bermain video game tanpa lag.

Semua kelebihan tadi mungkin tidak akan dapat dirasakan kalau masih menggunakan layanan 3G apalagi 2G. Pengguna pun jadi tidak perlu lagi ragu dalam menonton video streaming dengan kualitas HD, karena bisa dilakoni tanpa buffering.

2. Membantu Proses Bekerja dan Belajar Jarak Jauh

Tanpa kita sadari, saat ini kita sudah mulai terbiasa dalam bekerja dan belajar jarak jauh menggunakan teknologi video call, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Untungnya ketika pandemi ini terjadi, layanan 4G sudah menyebar dan masif dipakai oleh masyarakat. Apa jadinya, jika ketika pandemi terjadi kita masih menggunakan layanan 3G?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tentu bisa-bisa saja kita melakukan video call dengan jaringan 3G. Memang di era 3G kita sudah bisa melakukan video call, namun kualitas panggilan video tidak sebaik ketika menggunakan 4G. Alhasil, proses pertemuan dan belajar mengajar akan terganggu.

Selain ketersediaan akses broadband 4G/LTE yang merata, Telkomsel juga menyediakan ragam produk dan layanan untuk mendukung kenyamanan proses belajar mengajar secara daring, bisa diakses melalui telkomsel.com/dirumahterusbelajar.

3. Meningkatkan Produktivitas

Internet yang cepat dari layanan 4G juga mampu meningkatkan produktivitas, terutama terkait industri konten. Sebab, kecepatan internet yang dihasilkan dari 4G bisa bikin kegiatan download dan upload video menjadi lebih cepat.

Alhasil buat yang sering download atau upload berkas dengan ukuran file yang besar, seharusnya bukan menjadi masalah lagi. Dengan adanya internet yang memadai, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang menggeluti profesi sebagai content creator, baik itu di platform YouTube atau media sosial lain, seperti Instagram.

Internet yang kencang dari 4G juga membuat kegiatan bermain game menjadi lebih lancar yang akan berdampak terhadap kemajuan industri gaming dan esport Indonesia.

4. Mendukung Aktivitas Keseharian

Di era modern seperti saat ini, aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di dunia digital. Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk mendukung aktivitas keseharian, di antaranya aplikasi perbankan, e-learning, hingga e-health.

Dengan latensi yang lebih rendah dari jaringan sebelumnya, teknologi 4G sangat cocok untuk dipakai dalam mendukung aktivitas keseharian. Transaksi perbankan menggunakan aplikasi dapat dilakukan hanya dalam waktu sekejap, begitu juga dengan pemanfaatan aplikasi e-health untuk berkonsultasi kesehatan.

Nah, untuk kamu yang belum beralih ke 4G, segera tukar SIM card lama kamu di GraPARI terdekat atau dapat melakukan permintaan ganti kartu secara online melalui Virtual Assistant Telkomsel, sosial media Telkomsel dan e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan JD.ID. Kamu pun tinggal duduk manis di rumah, karena SIM card akan dikirim. Lalu ada juga bonus kuota hingga 30GB bagi pelanggan yang migrasi ke 4G. Informasi lebih lanjut mengenai program Tukar Kartu ke 4G bisa diakses di telkomsel.com/tukarkartu4g.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)