Selain Kecepatan, Ini Keunggulan Lain Jaringan 5G Indosat Ooredoo

Selain Kecepatan, Ini Keunggulan Lain Jaringan 5G Indosat Ooredoo

Khoirul Anam - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 13:48 WIB
Indosat Ooredoo
Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Jakarta -

Teknologi jaringan 5G mulai hadir di Indonesia. Hal ini membuat operator telekomunikasi di Indonesia, seperti Indosat Ooredoo berusaha menyiapkan sarana untuk mendukung jaringan 5G.

Diketahui, layanan 5G di dunia didesain untuk komunikasi data yang cepat, aplikasi IoT yang masif, serta aplikasi khusus yang membutuhkan latensi sangat rendah.

SVP-Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia, mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki dua tujuan dalam menyediakan jaringan 5G.

"Pertama untuk mendukung kebijakan ekonomi digital. Kedua, untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia. Tentunya teknologi 5G memberikan beberapa manfaat yang sangat utama untuk masyarakat Indonesia," ujarnya dalam acara Peluncuran 5G untuk Indonesia di Solo, Selasa (22/6/2021).

Di samping itu, Shatya juga menjelaskan ada beberapa keunggulan lain jaringan 5G, selain menyediakan komunikasi data yang cepat.

Menurutnya, beberapa keunggulan teknologi jaringan 5G, yakni mempercepat akses informasi dan interkoneksi; meningkatkan produktivitas, peluang pendidikan, kesehatan dan, kehidupan sosial; mendukung kemampuan digital, otomasi, dan inovasi di bidang industri IoT; dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

"Dalam hal ini kami mengajak semua pihak untuk berperan aktif membentuk use case baru sehingga dapat membuka peluang-peluang dan kesempatan bagi semua lapisan masyarakat untuk dapat menikmati teknologi 5G. Sehingga, secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat Indonesia," papar dia.

Dalam kesempatan yang sama, SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Sulistyo, menyatakan bahwa dengan jaringan 5G akan tercipta suatu ekosistem digital yang mendukung kebutuhan masyarakat ekonomi digital.

"5G memberikan kita user experience yang lebih bagus dibanding 4G. Apa yang akan kita lihat ke depannya adalah, kita akan masuk ke industri 4.0. itu yang akan menjadi key driver kita ke depannya. Dan ekosistem digital akan semakin kuat," ujar Agus.

Dia juga mengungkapkan, jaringan 5G dapat mendukung komersialisasi industri manufaktur dan industri kesehatan melalui transformasi digital.

Sebagai informasi, mulai Selasa (22/6), Indosat Ooredoo meluncurkan jaringan 5G secara komersial di lima kota, yaitu Solo, Jakarta Surabaya, Balikpapan dan Makassar. Adapun kota Solo menjadi tempat diluncurkannya teknologi 5G dari Indosat.

"Mulai dari lima kota ini, kita akan berkembang ke area-area sekitarnya. Kami juga mempertimbangkan ekosistem perangkat dan kesiapan jaringan Indosat Ooredoo di area tersebut," ujar Shatya.

Sementara itu, layanan 5G secara komersial ini, Indosat Ooredoo akan memakai pita frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 Mhz di rentang 1.837,5 MHz sampai dengan 1.857,5 MHz.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)