Agar Optimal Layanan 5G Indosat Pakai SRv6, Apa Itu?

Agar Optimal Layanan 5G Indosat Pakai SRv6, Apa Itu?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 18:15 WIB
Operator seluler Indosat Ooredoo
Foto: Indosat Ooredoo
Jakarta -

Guna mendukung pengembangan layanan 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo menghadirkan teknologi Segment Routing pada IPv6 (SRv6).

Menggandeng Cisco, Indosat mengubah infrastruktur transport miliknya menjadi jaringan transport 5G yang dinilai canggih, dapat diprogram yang dukungan teknologi SRv6 dengan network slicing.

Teknologi ini memungkinkan jaringan 5G yang lebih simple, scalable, agile dengan kehandalan tinggi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan ritel dan segmen bisnis.

"Hal ini akan membuat kami untuk memberikan layanan konektivitas berlatensi rendah yang cepat, sesuai permintaan, dan berkualitas tinggi untuk 5G, komputasi awan, dan IoT bagi konsumen dan perusahaan di seluruh Indonesia," tutur Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, Senin (28/6/2021).

Medhat menambahkan, teknologi baru ini diiringi pengembangan jaringan serat optik Indosat, akan mendukung pertumbuhan permintaan konsumsi data seluler dengan munculnya teknologi baru, seperti cloud computing dan network slicing.

Guna mendukung pengembangan layanan 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo menghadirkan teknologi Segment Routing pada IPv6 (SRv6).Guna mendukung pengembangan layanan 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo menghadirkan teknologi Segment Routing pada IPv6 (SRv6). Foto: Screenshot

Keunggulan lainnya, fungsi SRv6 memungkinkan jalur routing deterministik untuk menjamin layanan on-demand berkualitas dan latensi rendah, yang mana itu berdampak pada konektivitas data jadi lebih cepat dan terotomatisasi penuh yang diperlukan untuk melayani pengguna.

Disampaikannya, jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 di Indonesia ini adalah yang pertama di Asia Tenggara.

Melalui kemitraan dengan Cisco akan mengakomodasi kebutuhan baru penggunaan aplikasi 5G dari banyak segmen bisnis dan industri termasuk layanan fixed dan mobile broadband.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)