Cakep! Telkomsel Punya Fitur Penyamaran Nomor Telepon

Cakep! Telkomsel Punya Fitur Penyamaran Nomor Telepon

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 18:20 WIB
Close up of a woman using her smartphone indoors.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Georgijevic
Jakarta -

Telkomsel memiliki solusi berupa fitur yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak.

Fitur tersebut bernama Number Masking, yang dihadirkan bersamaan dengan fitur Video API dan Two-Factor Authentication. Ketiga fitur utama itu bagian dari inovasi Communications Platform as a Service (CPaaS) Telkomsel nGage.

Telkomsel nGage merupakan bagian dari layanan Telkomsel Enterprise, unit usaha perusahaan yang menyediakan solusi bisnis komperhensif untuk segmen perusahaan, pemerintah, hingga UMKM.

Dalam mengembangkan Telkomsel nGage, Telkomsel berkolaborasi dengan Bridge Alliance yang berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT).

Melalui kolaborasi ini, ditambah dengan optimalisasi keunggulan sumber daya aset digital Telkomsel, Telkomsel nGage hadir sebagai solusi CPaaS yang diklaim mampu menjawab kebutuhan korporasi di berbagai industri.

Pada penerapannya, Telkomsel nGage memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk menambahkan fungsi komunikasi real-time, mulai dari telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi mereka melalui pemrograman aplikasi antarmuka atau API (Application Programming Interface) yang memungkinkan produk atau layanan lain dapat saling terhubung.

Telkomsel memiliki solusi berupa fitur yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak.Telkomsel memiliki solusi berupa fitur yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak. Foto: Telkomsel

Telkomsel nGage memberikan fleksibilitas komunikasi melalui berbagai platform digital seraya tetap mengedepankan keamanan data untuk memberikan rasa aman bagi para pelanggan korporasi dan seluruh pemangku kepentingan di dalamnya.

"Keunggulan tersebut diharapkan mampu mendukung perusahaan dalam mendorong produktivitas dan efektivitas operasionalnya, khususnya dalam memperkuat komunikasi berbasis digital demi memaksimalkan adaptasi dengan kebiasaan baru di tengah masa yang penuh tantangan seperti saat ini," ujar SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir.

Gojek adalah salah satu pengguna solusi Telkomsel nGage dan telah menerapkannya. Gojek memanfaatkan Number Masking atau fitur penyamaran nomor telepon pribadi.

Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi serta keamanan data berupa nomor telepon pribadi para pengguna, baik mitra driver maupun pelanggan. Hal ini dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan nomor telepon yang dapat merugikan berbagai pihak.

"Fitur ini menjadi bagian penting untuk menambah keamanan data pribadi pengguna dan melengkapi keberadaan fitur InApp Chat sebagai saluran komunikasi yang aman dan andal, dalam menghubungkan mitra driver dan pelanggan," pungkas SVP Business Development Gojek Reggy Susanto.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)