Sentra Vaksinasi di Depok Layani Warga Lansia Minimal 50 Tahun, Gratis!

Sentra Vaksinasi di Depok Layani Warga Lansia Minimal 50 Tahun, Gratis!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 15 Jun 2021 15:26 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meninjau langsung vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit secara drive thru di RS UI, Depok, Jawa Barat, Senin (5/4/2021).
Foto: dok. Kemenkominfo
Jakarta -

XL Axiata mengubah persyaratan penerima vaksinasi COVID-19. Kabar baiknya, warga lansia minimal usia 50 tahun bisa dilakukan di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit secara gratis.

Sebelumnya, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit menargetkan lansia di usia 60 tahun ke atas. Namun, persyaratan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Selain itu, penerima lansia yang tadinya untuk warga dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Depok, Jawa Barat, maka saat ini Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit menerima KTP Nasional.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

"Kami mulai menerima kalangan penerima vaksin usia 50 tahun ke atas dari sebelumnya usia 60 tahun ke atas dengan KTP Nasional, ditambah pendamping yang membawa lansia untuk usia 18 tahun ke atas," ucapnya seperti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6/2021).

"Kami berharap warga masyarakat yang belum melakukan vaksin, bisa memanfaatkan layanan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini," ujar Ayu.

Tak hanya persyaratan yang berubah, sentra vaksinasi yang hadir dalam bentuk drive thru dan walk-in ini akan memberikan layanan kepada masyarakat hingga 23 Juli 2021.


Berikut persyaratan terbaru Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok, Jawa Barat:

1. Lansia yang didaftarkan berusia minimal 50 tahun di tahun 2021 dengan KTP Nasional
2. Pendamping yang didaftarkan vaksin berusia minimal 18 tahun di tahun 2021 dengan KTP Nasional
3. Jumlah pendamping tidak boleh melebihi jumlah lansia. Contoh:
- 1 Lansia dan 1 orang Pendamping
- 2 Lansia dan 1 orang Pendamping
- 3 Lansia dan 2 orang Pendamping
- dan seterusnya
4. Pelayan Publik, meliputi :
- pendidik & tenaga kependidikan
- pedagang pasar,
- tokoh agama & penyuluh agama,
- pekerja transportasi publik,
- pekerja pariwisata/ hotel/ restoran,
- media massa
4. Pilihan opsi drive thru menggunakan kendaraan motor maupun mobil
5. Periode hingga 23 Juli 2021


Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang berada di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) ini beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari (kedatangan maksimal pukul 13.00 WIB).

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra XL Axiata, yakni Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita. Selain itu, dukungan juga datang dari Dinas Kesehatan Kota Depok, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI.



Simak Video "Kendala Vaksinasi Lansia: Banyak yang Tidak Sadar Tensinya Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)