Aneka Manfaat 5G untuk Kegiatan Anda Sehari-hari

Mesti Tahu 5G

Aneka Manfaat 5G untuk Kegiatan Anda Sehari-hari

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 06 Jun 2021 12:15 WIB
Ilustrasi jaringan 5G
Aneka Manfaat 5G untuk Kegiatan Sehari-hari (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Lalu diikuti oleh Indosat Ooredoo yang lagi mengurus Uji Laik Operasi (ULO) untuk 5G dan terbaru, yakni Smartfren yang sedang gencar-gencarnya berencana menyiapkan layanan 5G di Indonesia.

Begitu besar antusiasme operator seluler dalam memboyong layanan 5G ke Indonesia. Lantas apa saja manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari? Apakah kita harus menggunakan jaringan generasi terbaru ini?

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Minggu (6/6/2021) berikut manfaat 5G untuk kegiatan sehari-hari.

1. Kerja Jadi Lebih Efisien

Mengingat sistem kerja work from home (WFH) sedang diberlakukan, hal ini memaksa masyarakat harus memiliki jaringan internet yang cepat. Bila tidak, aktivitas mengirim data akan terasa lebih lama.

Kalian pasti tidak ingin ketika mengupload file ke Google Drive, harus menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Maka, layanan 5G hadir untuk membuatkan terasa lebih cepat.

Kecepatan jaringan 5G digadang-gadang 10 hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan 4G. Bahkan beberapa ahli memperkirakan 5G bisa 100 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan 4G.

2. Meeting atau Sekolah Online Lancar

Berbicara kecepatan, 5G mampu menghadirkan peak data rate hingga 20Gbps atau sekitar 20 kali lebih tinggi dari peak data rate milik 4G. Layanan 5G juga memiliki latensi yang begitu rendah yaitu 1ms, atau 10 kali lebih rendah dari 4G.

Dengan kemajuan yang dimiliki 5G, waktu respon dikurangi hanya beberapa milidetik. Jadi selain memberikan kualitas tinggi saat menikmati VR dan AR, layanan 5G dapat bekerja dengan baik secara real-time ketika penggunaannya pada konferensi video.

Kegiatan meeting dengan teman kantor atau sekolah online bersama guru menjadi lebih lancar. Tidak perlu khawatir lagi dengan jaringan yang rendah dan ms yang besar.

3. Kebutuhan Hiburan Lancar

Terlepas dari kegiatan sekolah dan kantoran, masyarakat Indonesia juga membutuhkan hiburan yang mengandalkan kecepatan internet. Beberapa aktivitas seperti menonton video di Youtube, dan menonton film di layanan streaming online, Netflix.

Dengan kecepatan yang dimilikinya, masyarakat tidak perlu takut buffering ketika menonton di Youtube atau Netflix. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh Vivo saat perhelatan MWC 2021, di mana konten dengan kualitas 8K pun dapat dinikmati dengan lancar tanpa ngelag.

Belum lagi kecepatan 5G tembus hingga 20Gbps, 20 kali lebih cepat dibandingkan 4G. Di mana hanya butuh waktu tiga detik saja untuk mendownload.

4. Main Game Bebas Latensi

Perkembangan game online, khususnya mobile sudah sangat menjamur di Indonesia. Ekosistem esports telah menarik minat masyarakat untuk menjadi pemain profesional.

Mengingat ini merupakan game online, maka dibutuhkan kecepatan internet yang super cepat. Maka dari itu, 5G kerap disebut sebagai game-changer dalam teknologi jaringan mobile.

Karena poin penting dalam kelancaran bermain game online yakni latensi yang rendah. Di mana layanan 5G hadir dan membawa latensi yang rendah, hingga 1ms, 10 kali lebih rendah dari 4G.

Oleh sebab itu, game online mobile pun akan menjadi lebih lancar ketika dimainkan. Namun ada beberapa hal yang mesti diingat, bahwa setelah kecepatan internet, ada faktor lain yang harus diperhatikan agar bermain game online semakin lancar, seperti spek handphone yang dimiliki.



Simak Video "Begini Hasil Uji Coba Kecepatan Internet 5G Telkomsel!"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)