Resmi Hadir di RI, Cek Lagi Keunggulan Jaringan 5G Dibanding 4G

Resmi Hadir di RI, Cek Lagi Keunggulan Jaringan 5G Dibanding 4G

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 31 Mei 2021 16:05 WIB
Ilustrasi jaringan 5G
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setelah melewati perjalanan panjang, akhirnya masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati jaringan 5G pada 27 Mei 2021 lalu. Layanan jaringan 5G ini diluncurkan oleh Telkomsel usai dinyatakan lulus Uji Layak Operasi (ULO) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dengan diterimanya Surat Keterangan Laik Operasi (ULO), maka Telkomsel resmi jadi operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G di Indonesia. Menjadi penerus 4G, jaringan seluler 5G hadir membawa sederet keunggulan dari generasi sebelumnya. Apa saja?

Lebih Cepat 20x dari 4G

Bukan tanpa alasan jaringan 5G disebut sebagai jaringan super cepat. Hal ini karena kecepatan 5G menjadi salah satu elemen yang diantisipasi dari pendahulunya, yaitu 4G. Di awal peluncuran, jaringan 4G memiliki kecepatan LTE hingga 100 Mbps. Kemudian berevolusi menjadi LTE-Advanced yang dapat mencapai kecepatan 1 Gbps.

Besaran ini tentu jauh berbeda dari kecepatan jaringan 5G yang umumnya bisa mencapai 20 Gbps. Atau 20 kali lipatnya. Dengan kecepatan seperti itu, Anda bisa berselancar menonton video streaming dengan tanpa gangguan serta mengunduh film berukuran besar secara lebih cepat.

Latensi Super Rendah

Bisa dibilang jaringan 5G memiliki latensi atau waktu akses layanan data yag super rendah, yaitu 1ms. Angka ini sekitar 10 kali lebih rendah dibandingkan latensi yang disuguhkan oleh jaringan seluler sebelumnya, 4G, sehingga segala tindakan bisa dilakukan secara real time. Dengan kelebihan ini, dijamin bakal meningkatkan pengalaman bermain mobile games.

Konektivitas Lebih Luas

Pernahkah Anda mengalami masalah sulit terhubung ke jaringan internet 4G padahal bar sinyal penuh. Bisa jadi hal ini karena bandwith yang didukung oleh layanan 4G sudah melebihi batas maksimal muatannya.

Namun berbeda dengan 4G, jaringan 5G disebut memiliki bandwidth yang lebih besar. Layanan ini mampu menghubungkan lebih banyak perangkat dalam sekali waktu. Bahkan dengan skala hingga 1 juta perangkat/km2. Dengan begitu semua perangkat pintar akan memiliki akses ke koneksi internet tanpa gangguan.

Diketahui layanan jaringan 5G hadir di Indonesia secara bertahap. Adapun lokasi pertama yang akan mendapat layanan 5G Telkomsel yaitu di 6 lokasi residensial di wilayah Jabodetabek, seperti Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, serta Widya Chandra, Jakarta. Serta kota-kota lain seperti, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Sedangkan di wilayah lainnya internet 5G bisa dijajal melalui hotspot di gerai-gerai Grapari Telkomsel, di antaranya:

  • GraPARI Pemuda Surabaya
  • GraPARI Pettarani Makassar
  • GraPARI Renon Bali
  • GraPARI Batam Center
  • GraPARI Telkom Group Medan
  • GraPARI Solo dan Kantor Balai Kota Solo
  • GraPARI Balikpapan
  • Telkom University dan Institut Teknologi Bandung

Informasi lebih lanjut mengenai layanan 5G dari telkomsel bisa mengunjungi https://www.telkomsel.com/5G



Simak Video "Indonesia Bersiap Cicipi 5G pada 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)