Menjajal Internet 5G Telkomsel, Seberapa Ngebut Ya?

Menjajal Internet 5G Telkomsel, Seberapa Ngebut Ya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 08:50 WIB
Telkomsel menjadi provider pertama yang menerapkan 5G di Indonesia dengan mengusung tema 5G Unlock The Future yang resmi diluncurkan hari ini, Kamis (27/5/2021).
Menjajal Internet 5G Telkomsel, Seberapa Ngebut Ya?. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Indonesia telah masuk ke era 5G usai Telkomsel mengkomersialisasikan layanan tersebut, Kamis (27/5). Lantas, berapa kecepatan internet 5G ini?

5G sendiri menawarkan koneksi yang super ngebut dibandingkan 4G, perbandingannya bisa sampai tembus menggunakan layanan 5G bisa tembus 20 Gbps. Selain itu, keunggulannya latensi rendah dan dapat mengakomodasi perangkat dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu area.

Nah, di sela-sela peluncuran 5G Telkomsel secara komersial di The Telkom Hub, Jakarta, kemarin, detikINET melakukan uji kecil-kecilan dengan hanya menjajal kecepatan internet 5G tersebut.

Kami menggunakan tiga aplikasi pengujian koneksi internet 5G Telkomsel, yaitu Speedtest, nPerf, dan Opensignal. Berikut hasilnya:

Di sela-sela peluncuran 5G di Indonesia secara komesial, detikINET melakukan uji kecepatan internet 5G tersebut.Uji kecepatan internet 5G tersebut menggunakan aplikasi Speedtest. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Di sela-sela peluncuran 5G di Indonesia secara komesial, detikINET melakukan uji kecepatan internet 5G tersebut.Uji kecepatan internet 5G tersebut menggunakan aplikasi nPerf.. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Di sela-sela peluncuran 5G di Indonesia secara komesial, detikINET melakukan uji kecepatan internet 5G tersebut.Uji kecepatan internet 5G tersebut menggunakan aplikasi Opensignal. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Di sela-sela peluncuran 5G di Indonesia secara komesial, detikINET melakukan uji kecepatan internet 5G tersebut.Uji kecepatan internet 5G tersebut menggunakan aplikasi Opensignal. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Rata-rata kecepatan internet 5G di angka 120 Mbps. Memang masih belum optimal seperti yang secara teori ditawarkan 5G.

Namun perlu diketahui bahwa ini adalah baru langkah awal. Frekuensi yang digunakan Telkomsel untuk menggelar 5G ini adalah dengan lebar pita 30 MHz di spektrum 2,3 GHz, yang mana idealnya 80-100 MHz.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan ekosistem juga belum terbentuk utuh. Perangkat yang mendukung jaringan 5G di 2,3 GHz itu harganya terbilang mahal.

"Di fase awal ini kita tidak menggelar jaringan 5G ideal, karena beberapa faktor," ungkapnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kecepatan internet 5G yang sesungguhnya akan hadir. Bersamaan dengan itu, Telkomsel juga akan memburu lelang spektrum frekuensi lainnya sebagai pendukung layanan 5G di Indonesia.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)