Layanan 5G Komersial, Menkominfo: Hari Bersejarah!

Layanan 5G Komersial, Menkominfo: Hari Bersejarah!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 17:15 WIB
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan komersialisasi 5G yang dilakukan Telkomsel adalah hari bersejarah industri telekomunikasi.

"Hari ini hari bersejarah, khusus telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai satu langkah baru revolusi menatap masa depan telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia," ujar Johnny di The Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Johnny mengungkapkan kehadiran 5G secara komersial di Indonesia ini menjadi tanda baik sekaligus tantangan luar biasa.

"Hari ini hari luar biasa mengawali penyebaran 5G, tetapi juga tetap menjaga disparitas antar wilayah tetap terjaga baik. Untuk itu, roll out 5G tetap simultan dengan pembangunan 4G," ungkapnya.

Selain menegaskan posisinya sebagai operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, melalui peluncuran ini Telkomsel juga memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan secara komersial.

Langkah progresif dan strategis ini menjadi bagian dari peta jalan transformasi perusahaan yang kini sebagai perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia untuk terus mendorong kemajuan bangsa dengan memperkuat kapabilitas digital nasional.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel.

"Namun juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal," ungkapnya.

"Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital," tutur Setyanto dalam peluncuran 5G Telkomsel.

(fyk/fay)