10 Kota dengan Kecepatan 5G Paling Ngebut di Dunia

10 Kota dengan Kecepatan 5G Paling Ngebut di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 12:09 WIB
Womens hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.
Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa
Jakarta -

Saat ini, beberapa negara telah mengomersialkan jaringan 5G. Warga pun dapat menikmati kecepatan download lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan jaringan 4G. Nah, kota mana saja di dunia yang punya kecepatan download 5G tertinggi?

Perusahaan riset mobile OpenSignal telah merilis hasil analisisnya mengenai kecepatan jaringan 5G di dunia. Hasilnya, Kota Jeonju di Korea Selatan menempati peringkat pertama kota yang kecepatan download 5G-nya paling ngebut, angkanya tembus 415,6 Mbps.

Sejak dulu, Korsel memang konsisten berada di ranking atas dalam soal kecepatan internet. Menyusul di posisi kedua adalah Hsinchu City di Taiwan berkat kecepatan 360,1 Mbps.

Berada di ranking ketiga adalah Kota Riyadh, Arab Saudi, dengan kecepatan download jaringan 5G 317,3 Mbps. Kemudian Dubai, Uni Emirat Arab, dengan 285,4 Mbps dan berlanjut di posisi kelima adalah Tokyo dengan 277,5 Mbps.

Seperti dikutip detikINET dari PCMag, Senin (24/5/2021), posisi 10 besar berturut-turut kemudian diisi oleh Kota Melbourne, Zurich, Dublin, Barcelona dan Calgary. Berikut daftar lengkapnya:

Kota 5G paling ngebutKota 5G paling ngebut. Foto: PCMag

Indonesia sendiri sedang bersiap menggelar layanan 5G secara komersial tahun ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan operator pelat merah Telkomsel telah lulus Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Itu artinya, dalam hitungan hari ke depan, masyarakat bisa menikmati layanan 5G.

Berdasarkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya, proses ULO 5G yang dilakukan Telkomsel dan Kominfo berlangsung tiga hari, yaitu 19-21 Mei 2021. Dan, pengujian teknologi seluler generasi kelima itu sudah rampung dengan hasil Telkomsel lulus ULO 5G.

"Telkomsel sudah lulus ULO, komersialisasi jaringan 5G bisa dilakukan segera," ujar sumber tersebut.



Simak Video "Pekan Ini Jaringan 5G Telkomsel Bisa Dinikmati di Kota Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)