Catat! Ini 15 Lokasi yang Akan Gelar 5G Telkomsel

Catat! Ini 15 Lokasi yang Akan Gelar 5G Telkomsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 19 Mei 2021 18:09 WIB
Telkomsel mengajak para pelanggan loyalnya untuk menjajal langsung kehebatan teknologi 5G di kawasan GBK Jakarta, Sabtu (1/9).
Catat! Ini 15 Lokasi yang Akan Gelar 5G Telkomsel. Foto: dok. Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel mengungkapkan akan ada 15 lokasi pertama di Indonesia yang mendapatkan layanan 5G. Di mana saja lokasinya?

Saat ini, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang melakukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Setelah dinyatakan lulus, Telkomsel bisa menggelar layanan 5G secara komersial kepada para penggunanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan Telkomsel menggelar layanan 5G ini memanfaatkan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1.800 MHz untuk control plane.

"Apabila seluruh proses ULO teknologi 5G oleh Telkomsel ini sudah selesai dan dinyatakan lulus, Telkomsel pada tahap awal merencanakan melakukan launching di enam lokasi residensial di Jakarta, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera," tutur Johnny kepada detikINET, Rabu (19/5/2021).

Selain di enam lokasi tersebut, masyarakat di sembilan lokasi lainnya juga akan merasakan pengalaman menjajal pertama kali akan internet ngebut yang ditawarkan 5G ini.

Sembilan lokasi yang dimaksud adalah Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

"Dan, akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya," kata Menkominfo.

Proses ULO 5G yang dilakukan Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berlangsung tiga hari, 19-21 Mei 2021.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan Jika sudah dinyatakan lulus tahap ULO, rencananya pergelaran 5G Telkomsel akan dilakukan secara terbatas dahulu, sebagaimana yang terjadi pada teknologi 3G dan 4G pada tahap awal.

"Jika skala ekonominya sudah dapat maka 5G akan menyebar dengan sendirinya. Jadi akan pada titik tertentu dahulu," kata Setyanto.



Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)