Seru! Indosat-Telkomsel Balapan Gelar 5G di Indonesia

Seru! Indosat-Telkomsel Balapan Gelar 5G di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 19 Mei 2021 15:02 WIB
Lelang Lisensi 5G, Pemerintah Jerman Raup 6,5 Miliar Euro
Seru! Indosat-Telkomsel Balapan Gelar 5G di Indonesia. Foto: DW (News)
Jakarta -

Persaingan siapa yang pertama menggelar 5G secara komersialisasi di Indonesia kian seru. Ada dua operator seluler yang tampak balapan menghadirkan layanan seluler generasi kelima ini, yaitu Indosat Ooredoo dan Telkomsel.

Telkomsel mengatakan telah mengajukan Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Di saat yang bersamaan setelah itu, Indosat Ooredoo juga ternyata melakukan langkah yang serupa.

Sebagai informasi, ULO merupakan tahapan yang harus dilalui sebelum resmi menggelar atau mengenalkan teknologi baru ke publik secara komersial. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, komersialisasi 5G sangat bergantung dengan kesiapan ekosistem secara menyeluruh, di mana operator seluler merupakan salah satu bagian yang penting.

"Saat ini kami terus mempersiapkan kesiapan implementasi layanan 5G di Indonesia dengan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari teknologi, mitra penyedia perangkat, mitra penyedia platform aplikasi," ujar Denny.

"Terutama, pemerintah selaku pemegang otoritas untuk ketersediaan frekuensi yang tepat guna memastikan agar implementasi 5G sesuai regulasi dan dapat memberikan manfaat optimal bagi semua lapisan masyarakat," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Kominfo terkait proses ULO untuk teknologi terbaru.

"Kami sudah submit ULO 5G ke Kominfo. Saya bisa pastikan, kami mengikuti aturan yang berlaku," ucapnya menambahkan.

Steve menuturkan, perusahaan terus melakukan uji coba terhadap teknologi 5G. Hanya saja pengujian tersebut dilakukan secara internal, tidak diumumkan ke publik.

"Uji coba Indosat Ooredoo secara internal bagaimana bisa mengakomodir frekuensi yang ada untuk mencoba memberikan layanan tercepat, terdepan, tetapi juga mematuhi peraturan yang ada di Kominfo," kata Steve.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)