Telkomsel Siap-siap Gelar 5G, Kapan?

Telkomsel Siap-siap Gelar 5G, Kapan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 22:36 WIB
Telkomsel, Ilustrasi Telkomsel, Logo Telkomsel
Telkomsel Siap-siap Gelar 5G, Kapan? Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Telkomsel tengah bersiap-siap untuk menggelar layanan 5G secara komersil dalam waktu dekat ini. Kapan kira-kira waktunya ya?

Berdasarkan informasi yang diterima detikINET, Telkomsel akan mengumumkan layanan jaringan generasi kelima tersebut setelah melewati tahapan Uji Layak Operasi (ULO) sebagai syarat penerapan teknologi baru.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, komersialisasi 5G sangat bergantung dengan kesiapan ekosistem secara menyeluruh, di mana operator seluler merupakan salah satu bagian yang penting.

"Saat ini kami terus mempersiapkan kesiapan implementasi layanan 5G di Indonesia dengan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari teknologi, mitra penyedia perangkat, mitra penyedia platform aplikasi," ujar Denny.

"Terutama, pemerintah selaku pemegang otoritas untuk ketersediaan frekuensi yang tepat guna memastikan agar implementasi 5G sesuai regulasi dan dapat memberikan manfaat optimal bagi semua lapisan masyarakat," ucapnya menambahkan.

Telkomsel sendiri mempunyai pita frekuensi paling panjang dibandingkan operator seluler lainnya di Indonesia. Anak perusahaan Telkom ini memiliki 135 MHz, belum termasuk tambahan lebar pita 20 MHz hasil menang lelang frekuensi 2,3 GHz yang sampai saat ini belum ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Pertama kali Telkomsel memperlihatkan teknologi 5G ini di ajang Asian Games 2018. Meski berupa berbentuk uji coba, Telkomsel memamerkan berbagai kecanggihan dari jaringan seluler terbaru tersebut, salah satunya autonomous bus alias kendaraan tanpa sopir.

Terakhir, Telkomsel melakukan uji coba berupa video call berbasis 5G yang berujung sukses di penghujung 2019. Operator seluler ini menggaet Ericsson dan Oppo dalam menjajal 5G yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)