Lebaran Digital, Masyarakat RI Banyak Bersilaturahmi Virtual

Lebaran Digital, Masyarakat RI Banyak Bersilaturahmi Virtual

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 20:16 WIB
elegant attractive female muslim using mobile smartphone searching online information when she sitting on sofa couch relaxing.
Foto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory
Jakarta -

Selama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, terdapat kenaikan trafik layanan data mencapai 49% dibandingkan tahun sebelumnya. Masyarakat Indonesia menghabiskan 39,7 Petabyte di lebaran digital tahun ini.

Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat Halal Bihalal secara virtual, Senin (17/5/2021).

"Ada lonjakan trafik layanan data yang terjadi sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49% lebih besar dibandingkan lebaran tahun lalu. Ini tentu semakin sadarnya masyarakat pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama saat bersilaturahmi," ujar Menkominfo.

Dengan meningkatnya konsumsi layanan data tersebut, menandakan bahwa masyarakat banyak yang mengandalkan internet. Seiring tren tersebut, memastikan layanan tetap prima tetap jadi perhatian.

"Tugas kita seluruh insan-insan Kominfo untuk memastikan layanan yang prima terhadap masyarakat. Untuk menyiapkan layanan yang memadai," ungkapnya.

Johnny pun mengapresiasi semua ekosistem, baik operator seluler maupun lainnya dalam mengamankan layanan selama Lebaran digital.

"Bersama rekan-rekan dari operator seluler memahami betul bagaimana peningkatan trafik. Persiapan untuk memungkinkan masyarakat Indonesia itu bisa bersilaturahmi dan berlebaran secara digital kali ini itu dilakukan dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Potret Warga Semarang Halal Bihalal dengan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)