Jelang Lebaran, Pemulihan Internet di Jayapura Sudah 2 Gbps

Jelang Lebaran, Pemulihan Internet di Jayapura Sudah 2 Gbps

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 08 Mei 2021 16:30 WIB
Internet di Jayapura Lumpuh akibat kabel laut putus, 1 Mei 2021
Lokasi titik putusnya internet di Jayapura (Foto: dok Kominfo)
Jakarta -

Menjelang Hari Lebaran, koneksi internet harus prima. Lantas bagaimana dengan Jayapura yang sempat putus koneksinya? Proses pemulihannya terus dikebut.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko. Dia menyampaikan kabar terbaru pemulihan layanan TelkomGroup di Jayapura yang sempat terganggu.

Gangguan ini sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi. Kapasitas bandwidth di Jayapura ditingkatkan secara bertahap.

"Alhamdulillah kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat," ujar Herlan dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (8/5/2021).

Selain itu, Telkom juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat. Kapal ini akan melakukan penyambungan dan perbaikan pada kabel yang terputus. Hal ini cukup menantang karena kabel yang terputus ini ada di kedalaman 4.050 meter.

"Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses perbaikan berjalan lancar dan masyarakat Jayapura dapat memperoleh layanan seperti sedia kala secepatnya," ungkap Herlan.

Dengan demikian total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura saat ini mencapai 2.007 Gbps. Telkom terus mengupayakan agar kapasitas ini semakin meningkat dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan.



Simak Video "Libur Lebaran, Wisatawan di Cikao Park Purwakarta Dites Covid-19 Acak"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)