Streaming Netflix Pakai Telkomsel-IndiHome Dijamin Lancar

Streaming Netflix Pakai Telkomsel-IndiHome Dijamin Lancar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 29 Apr 2021 21:15 WIB
Netflix
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Ikatan Telkom dan Netflix sudah berakhir damai. Manfaatnya, para pelanggan IndiHome dan Telkomsel akan merasakan kelancaran saat streaming Netflix.

Hubungan Telkom dan Netflix ini tidak terjalin harmonis, semenjak kehadiran layanan video on demand asal Amerika Serikat pada 2016 silam di Indonesia. Ketika itu perusahaan BUMN ini berikeras Netflix tidak memenuhi regulasi di Indonesia.

Pemblokiran pun berlangsung sampai empat tahun lamanya, hingga terhitung dibuka pemblokirannya pada Juni 2020. Meski akses tidak ditutup, para pelanggan IndiHome dan Telkomsel mengeluhkan layanan Netflix lambat hingga berkualitas buruk.

Ternyata persoalan tersebut lantaran antara Telkom dan Netflix belum ada perjanjian kerja sama yang ujung-ujungnya soal uang. Kesepakatan yang dimaksud adalah direct-peering untuk penyaluran konten video Netflix yang disebut sangat rakus dalam mengkonsumsi bandwidth.

Hampir satu tahun berselisih, Telkom dan Netflix sepakat untuk berdamai. Kedua pihak setuju mengeksplorasi kerja sama jaringan yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman hiburan digital terbaik bagi pelanggan di Indonesia.

Itu artinya, mulai saat ini dan ke depannya, pelanggan IndiHome dan Telkomsel bisa merasakan kualitas jaringan yang mumpuni saat mengakses layanan Netflix.

"Kemitraan kami dengan Telkom akan memudahkan konsumen untuk berlangganan Netflix dan menikmati video streaming berkualitas tinggi di jaringan Telkom, yang merupakan jaringan terbesar di Indonesia," ujar VP Business Development Netflix Tony Zameczkowski.

"Kami berharap dapat menghibur lebih banyak penikmat hiburan di Indonesia melalui berbagai tayangan berkualitas Netflix, mulai dari serial, dokumenter, stand-up, konten untuk anak-anak, film hingga konten lokal di jaringan Telkom," sambungnya.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan mengungkapkan Layanan video streaming dapat mendominasi konsumsi bandwidth hingga 70% dari total trafik internet, sehingga Telkom secara kontinyu meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan traffic video streaming.

"Kerja sama ini akan meningkatkan kualitas layanan dibandingkan dengan yang kita miliki saat ini dan akan secara positif berdampak pada optimasi bandwidth domestik. Ke depannya, semua pelanggan Telkom dan Telkomsel di Indonesia akan dapat menikmati layanan berkualitas premium hasil dari kerja sama Telkom dan Netflix," pungkasnya.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)