Deadline Merger Indosat-Tri Tinggal Menghitung Hari

Deadline Merger Indosat-Tri Tinggal Menghitung Hari

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 27 Apr 2021 07:22 WIB
Operator seluler Tri Indonesia
Foto: Tri Indonesia
Jakarta -

Dalam hitungan hari lagi, proses merger antara Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan Indosat Ooredoo mencapai tenggat waktu atau deadline. Dan, ini perkembangan terkini aksi korporasi kedua operator seluler tersebut.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooreodoo Steve Saerang mengungkapkan bahwa saat ini masing-masing perusahaan masih melaksanakan due diligence.

Sebagai informasi, due diligence atau diartikan uji tuntas ini adalah suatu kegiatan investigasi atau audit riwayat keuangan yang dilakukan menilai risiko hukum yang mungkin timbul terkait transaksi yang akan dilakukan oleh para pihak.

"Saat ini masing-masing pihak masing melaksanakan due diligence. Selanjutnya, jika sudah ada update dari shareholder akan langsung saya update, ya," ungkap Steve kepada detikINET.

Ditanya lebih lanjut proses merger Indosat dan Tri tersebut, Steve mengatakan bahwa pada saat akhir bulan ini akan disampaikan informasi dari perusahaan.

Sebelumnya, Ooredoo dan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) secara eksklusif untuk potensi menggabungkan bisnis telekomunikasi antara Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia. MoU tersebut ditandatangani akhir Desember 2020.

Disebutkan periode eksklusivitas MoU ini berlaku hingga 30 April 2021, di mana itu artinya Tri dan Indosat dilarang untuk menjalin kerja sama dengan operator lain selama MoU tersebut berlaku.

Diketahui, Ooredoo memiliki sekitar 65% saham Indosat. Sementara, di Indonesia Hutchison memiliki Tri yang dikelola PT Hutchison 3 Indonesia. Kesepakatan ini akan melibatkan penawaran tunai dan saham.

Akankah merger Indosat dan Tri ini tercapai dan menjadi akuisisi operator seluler pertama di dekade ini, setelah terakhir XL Axiata mengakuisisi Axis pada 2014 silam? Menurut detikers bagaimana?



Simak Video "Beredar Kabar Indosat dan Tri Bakal Bersatu"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)