Dapat Kuota Internet Kemendikbud 2021? Ingat Jangan Main TikTok Cs

Dapat Kuota Internet Kemendikbud 2021? Ingat Jangan Main TikTok Cs

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 16:30 WIB
Telkomsel menyalurkan bantuan kuota internet Kemendikbud 2021.
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Operator seluler Telkomsel memastikan kelancaran penyaluran bantuan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2021.

Kuota internet Kemendikbud 2021 ini merupakan bantuan lanjutan yang sebelumnya telah disalurkan pada September sampai Desember 2020. Adapun subsidi kuota gratis tersebut untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online selama pandemi COVID-19.

"Telkomsel akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan guna mendampingi masyarakat menjalani setiap fase kehidupan, agar dapat membuka berbagai kemungkinan kualitas hidup yang lebih baik ke depannya," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam siaran persnya, Selasa (16/3/2021).

Telkomsel menuturkan bahwa penyaluran bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 untuk bulan Maret sendiri telah dilaksanakan secara berkala pada tanggal 11-15 kemarin. Anak perusahaan Telkom ini memastikan seluruh penerima manfaat sudah sesuai dengan data yang telah terdaftar dan terverifikasi di sistem Kemendikbud.

Untuk mengecek bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 ini, pelanggan Telkomsel bisa melakukannya dengan cara melalui UMB *363*844#. Untuk mengetahui jumlah kuota data yang sudah masuk dan yang sudah digunakan dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

Kepada penerima bantuan kuota gratis ini dapat memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan kuota internet di 2020 masih dalam status aktif.

Bantuan yang hanya berupa kuota umum ini dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), termasuk pembatasan untuk akses platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok.

Jika ada perubahan nomor ponsel, penerima manfaat dapat segera berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan yang telah ditunjuk.

Sementara bagi penerima bantuan yang belum mendapatkan kuota internet Kemendikbud 2021, maka diimbau untuk menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan yang telah ditunjuk dan memiliki kewenangan mendaftarkan peserta didik dan pendidik melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbud.

Setyanto lebih lanjut menjelaskan, penyaluran bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 atau sebelumnya, menggunakan tarif yang diatur melalui kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud, yang juga telah berkoordinasi bersama Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Dikatakanhya juga, Telkomsel secara intensif terus berkoordinasi bersama Kemendikbud guna memastikan kelancaran penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap dua di tiap bulannya.

"Telkomsel akan melanjutkan upaya kolaboratif bersama para pemangku kepentingan, seperti kementerian terkait dan pemerintah daerah, guna memaksimalkan pemanfaatan bantuan Paket Kuota Data Internet tahap dua ini," pungkasnya.



Simak Video "Netizen Ngeluh IndiHome Lemot, Ini Jawaban Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)