Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 Cair, Bisa Buat Apa Saja?

Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 Cair, Bisa Buat Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 11 Mar 2021 16:15 WIB
Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet gratis kepada para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Salah satunya diberikan melalui kartu perdana gratis.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini, Kamis (11/3/2021), sudah cair. Bisa dipakai untuk mengakses apa saja?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, berbeda dari bantuan sebelumnya, subsidi kuota internet selama tiga bulan ke depan ini diubah untuk memaksimalkan penggunaannya.

Disampaikan Nadiem, bantuan kuota internet Kemendikbud ini mulai disalurkan dari tanggal 11-15 di setiap bulannya, di mana itu berlaku selama 30 hari setelah subsidi tersebut diterima pengguna.

Bila sebelumnya terdapat pemisahan kuota yang terdiri dari Kuota Belajar dan Kuota Umum. Namun bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 ini hanya terdapat Kuota Umum saja.

"Jadi, di 2021, kita akan memberikan kuota GB yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya, tetapi kuota ini merupakan kuota umum, jadi bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir," ujar Nadiem.

"Artinya, bantuan kuota internet 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran," tambahnya.

Meskipun pemerintah sudah membuat kuota internet menjadi fleksibel, tetap ada pengecualian untuk sejumlah website. Nadiem mengatakan website yang tidak berkaitan dengan pendidikan, seperti TikTok, Instagram, hingga Facebook, masih tetap di-blacklist.

"Tapi kita mengecualikan hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pendidikan, TikTok, Facebook, Instagram, itu kita kecualikan. Jadinya kita buat blacklist bapak-ibu," tegas Nadiem.

Selain itu, Nadiem mengatakan banyak masyarakat ingin agar YouTube dapat diakses dalam kuota internet gratis dari pemerintah. Sebab, menurutnya, banyak orang menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran.

"Kalau saya Google ke mana-mana, website-website universitas dan yang terakhir, 'Pak, YouTube, Pak, Mas Menteri, YouTube'. Itu menjadi salah satu pembelajaran yang terpenting untuk berbagai macam melihat buruk baik dari sisi guru dan lainnya," ucapnya.



Simak Video "Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dihentikan Mulai Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]