Apple Mulai Kembangkan Teknologi 6G

Apple Mulai Kembangkan Teknologi 6G

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 20:12 WIB
PALO ALTO, CA - NOVEMBER 03:  Boxes of the new iPhone X sit on a table at an Apple Store on November 3, 2017 in Palo Alto, California. The highly anticipated iPhone X went on sale around the world today.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Apple Mulai Kembangkan Teknologi 6G (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

iPhone 5G pertama Apple baru diluncurkan beberapa bulan yang lalu, tapi sekarang perusahaan besutan Steve Jobs ini sudah mulai menjajaki pengembangan teknologi 6G.

Bloomberg melaporkan Apple sedang membuka lowongan kerja untuk teknisi peneliti yang tugasnya mengembangkan teknologi 6G. Pekerjaan ini nantinya akan berbasis di kantor Apple di Silicon Valley dan San Diego, di mana mereka mengembangkan teknologi wireless dan desain chip.

"Kalian akan memiliki kesempatan unik dan bermanfaat untuk menciptakan teknologi wireless selanjutnya yang akan memiliki dampak besar pada produk Apple di masa depan," tulis lowongan kerja tersebut, seperti dikutip dari 9to5Mac, Jumat (19/2/2021).

"Dalam peran ini kalian akan menjadi pusat dari kelompok penelitian tercanggih yang bertanggung jawab menciptakan teknologi akses radio yang menghebohkan generasi masa depan selama beberapa dekade ke depan," sambungnya.

Apple baru mengadopsi 5G untuk iPhone tahun lalu, dan 6G diperkirakan baru akan digulirkan sekitar tahun 2030. Dari deskripsi rekrutmennya, Apple sepertinya tidak sabar untuk terlibat dalam pengembangan teknologi baru sejak awal.

Pada akhir tahun lalu, Apple bergabung dengan Next G Alliance, kelompok industri yang didirikan oleh Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS) yang bertujuan untuk menguatkan kepimpinan Amerika Utara di 6G selama beberapa dekade ke depan.

Kelompok ini beranggotakan banyak perusahaan teknologi ternama termasuk Charter, Cisco, Google, Hewlett-Packard, Intel, Keysight Technologies, LG, Mavenir, MITRE, and VMware.

Saat ini 6G baru hadir dalam bentuk konsep dan belum menjadi kenyataan. Tahun lalu, China meluncurkan satelit 6G eksperimental ke luar angkasa untuk mulai meneliti teknologi ini.

Pada September 2020, operator telekomunikasi AS AT&T mengatakan teknisinya mulai mengerjakan jaringan 6G. Beberapa analis mengatakan teknologi ini akan menghadirkan kecepatan internet 100 kali lebih cepat dibandingkan 5G, tapi tentu saja tidak akan bisa dicicipi dalam waktu dekat.



Simak Video "Usai Rilis iPhone 5G, Apple Kini Gabung Aliansi Pengembangan 6G"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)