Jalan Wishnutama dari Penyiaran Jadi Komut Telkomsel

Jalan Wishnutama dari Penyiaran Jadi Komut Telkomsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 17:09 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama jadi pemateri di acara The Nextdev Summit 2019. Di sana ia bicara soal peluang teknologi di Sektor Pariwisata.
Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Wishnutama Kusubandio resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkomsel menggantikan Ririek Adriansyah. Begini sepak terjang Wishnutama sampai ke industri telco.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2021) Wishnutama dalam perjalanan karirnya dikenal sebagai sosok yang piawai di bidang penyiaran, seperti menempati Direktur Utama Trans 7, Trans TV, NET, Komisaris Utama NET, hingga terlibat di ajang Asian Games bertugas sebagai Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 yang dinilai sukses.

Setelah itu, ia dipilih Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dalam Kabinet Indonesia Maju untuk tahun 2019 sampai 2020. Tantangan terbesarnya saat menjadi Menparekraf adalah gelombang pandemi COVID-19 yang memukul perekonomian Indonesia dan melumpuhkan industri pariwisata. Dia akhirnya digantikan oleh Sandiaga Uno saat reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi pada Selasa 22 Desember 2020 silam.

Sebelum ditunjuk sebagai Komut Telkomsel, Wishnutama sudah lebih dulu diperkenalkan sebagai komisaris raksasa e-commerce Indonesia, Tokopedia. Jabatan itu bukan hal baru bagi pria berkacamata ini, ketika menjabat sebagai Menteri Parekraf, Wishnutama menduduki Komisaris Tokopedia.

Wishnutama meraih sejumlah gelar Sarjana di antara di Liberal Arts di Mount Ida College Boston (jurusan Liberal Arts), Emerson College Boston (jurusan Komunikasi) dan The Military College of Vermont, Norwich University, Amerika Serikat.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan, manajemen Telkom Group menyambut baik kehadiran Wishnutama sebagai Komisaris Utama Telkomsel.

"Merupakan hal yang baik bagi Telkom Group khususnya Telkomsel, mengingat beliau merupakan orang yang paham tentang teknologi digital dan sudah memiliki cukup banyak pengalaman di industri digital tersebut," ujar Ahmad Reza.

"Diharapkan ini dapat menjadi harapan baru yang mampu mendukung langkah pengembangan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan untuk kemajuan bangsa," ucapnya menambahkan.

>>>> Halaman berikutnya mengenai profil dua direksi Telkomsel