Gandeng Nokia, Tri Bawa Sinyal 4G ke Pelosok Sulawesi Tengah

Gandeng Nokia, Tri Bawa Sinyal 4G ke Pelosok Sulawesi Tengah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 29 Jan 2021 22:07 WIB
Operator seluler Tri
Foto: Tri
Jakarta -

Bekerja sama dengan Nokia, operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) membawa sinyal 4G ke daerah terpencil di Morowali, Sulawesi Tengah.

Di daerah yang dikenal sebagai salah satu daerah pertambangan terbesar di Sulawesi Tengah tersebut, Nokia dan Tri menancapkan LTE Base Station over Public Backhaul. Pemasangan teknologi di Morowali itu menjadi tantangan tersendiri karena membutuhkan banyak perangkat relai transmisi sebagai backhaul (jaringan pengalur) untuk menghubungkan BTS dengan BTS dan BTS ke jaringan inti (core network).

Nokia merancang LTE Base Station over Public Backhaul untuk bisa bekerja dengan berbagai jenis backhaul, termasuk jaringan internet publik. Dengan solusi ini, saat koneksi internet publik tersedia, koneksi tersebut bisa digunakan sebagai backhaul transmisi, sehingga tidak perlu lagi memasang relai transmisi di daerah dengan medan yang sulit.

Disebutkan pula, teknologi ini diklaim dapat mempermudah masyarakat di area pertambangan mendapatkan konektivitas selular dengan kualitas yang lebih baik.

Langkah Tri dalam menerapkan solusi LTE Base Station over Public Backhaul di daerah Morowali ini merupakan komitmen dalam mewujudkan ketersediaan konektivitas mobile broadband di seluruh Indonesia. Hal ini upaya menunjukkan kemampuan Tri dalam memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk pengguna korporat, di daerah terpencil.

"Penerapan teknologi ini menandai tonggak penting bagi unit 3Business kami dalam memberikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam menghubungkan LTE Base Station di area yang sulit dan terpencil," kata M Buldansyah Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (29/1/2021).

Danny mengatakan bahwa solusi konektivitas selular yang dihadirkannya diharapkan dapat membantu pertumbuhan industri di daerah Morowali dan meningkatkan produktivitas bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area tersebut didukung jaringan Tri.

Sementara itu, Willie Cher, Head of Customer Business Team for Hutchison, Nokia Asia Pacific and Japan mengungkapkan, perusahaannya mengembangkan solusi LTE Base Station yang dapat bekerja dengan berbagai teknologi backhaul yang berbeda dan memberikan fleksibilitas bagi operator selular untuk menjangkau pelanggan.

"Kami telah berhasil menerapkan solusi ini dan Tri Indonesia telah dapat melihat manfaat langsungnya. Kami berharap dapat melanjutkan kolaborasi ini di tahun-tahun mendatang," pungkasnya.



Simak Video "Nokia C20 Hadir di Indonesia, Kualitas Rakitannya Rasa Finlandia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)