5G Punya Peran Penting untuk Transformasi Digital, Tapi...

5G Punya Peran Penting untuk Transformasi Digital, Tapi...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 20:50 WIB
Ilustrasi 5G
5G Punya Peran Penting untuk Transformasi Digital, Tapi... Foto: Huawei
Jakarta -

Masyarakat Indonesia mungkin masih harus menunggu beberapa tahun untuk mencicipi jaringan 5G. Tapi Indosat Ooredoo sudah memiliki visi yang besar untuk jaringan generasi kelima ini.

Director dan COO Indosat Ooredoo, Vikram Sinha mengatakan penting bagi perusahaannya untuk menghadirkan 5G di Indonesia dengan tujuan untuk keuntungan bersama.

"5G itu bukan tentang headline, 5G itu tentang bagaimana kami membangun transformasi digital terutama menjembatani kesenjangan digital di Indonesia agar bisa di-fast track," kata Sinha dalam diskusi virtual, Kamis (14/1/2021).

Secara pribadi, Sinha mengatakan Indonesia mungkin baru bisa menggunakan jaringan 5G komersial pada tahun 2023. Tapi dari sekarang hingga target waktu tersebut ada banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan.

Untuk sektor telekomunikasi, Sinha mengatakan Indosat sudah bersiap untuk mempercepat proses fiberisasi serta memastikan investasi harus difokuskan untuk peralatan yang sudah 5G ready.

Pekerjaan besar ini juga tidak hanya melibatkan sektor telekomunikasi tapi juga seluruh ekosistem digital dan pemerintah sebagai pembuat kebijakan.

"5G juga tidak boleh terpusat di Jakarta saja, karena bagaimana ini bisa menciptakan manfaat yang lebih besar. Jadi timing itu sangat penting," kata jelas Sinha.

"Untuk Indosat, kami sangat berkomitmen untuk bekerja dengan pemerintah dan mitra," sambungnya.

Sementara itu Head of Asia Pacific GSMA Julian Gorman menekankan perusahaan tidak perlu menunggu adanya 5G untuk percepatan transformasi digital. Apalagi saat ini masih ada lebih dari 12.000 desa yang masih belum dirambah 4G.

"Para mitra di sini bicara soal kolaborasi, meningkatkan kualitas hidup dan digitalisasi. Itu tidak perlu menunggu 5G," kata Gorman dalam kesempatan yang sama.

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan 4G dan ada banyak kehidupan yang bisa diubah dengan 4G," pungkasnya.



Simak Video "Indonesia Bersiap Cicipi 5G pada 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)