Indosat dan Tri Mau Merger, Nasib Karyawan Bagaimana?

Indosat dan Tri Mau Merger, Nasib Karyawan Bagaimana?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 16:00 WIB
indosat ooredoo hutchinson 3 indonesia
Foto: detikcom
Jakarta -

Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) sedang dalam proses penjajakan sebelum menyatakan sepakat untuk merger. Bila merger terjadi, bagaimana dampaknya kepada bisnis perusahaan dan para karyawan?

Persoalan tersebut pun dijawab Director & Chief Financial Officer Indosat Ooredoo Eyas Naif Assaf. Disampaikannya, nota kesepahaman yang disepakati Indosat dan Tri beberapa waktu lalu itu masih tahap awal.

"Sehingga masih terlalu awal juga menilai dampak bisnis dan juga operasi perseroan. Sampai saat ini, bisnis masih berjalan seperti biasa, tidak ada dampak terhadap operasional, finansial, maupun bisnis lainnya," kata Eyas, Selasa (12/1/2021).

Di kesempatan yang sama, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan bahwa MoU dengan Tri itu bersifat tidak mengikat. Sehingga dikatakan Vikram, ini menjalankan bisnis seperti biasanya.

"Bagi management, bisnis berjalan seperti biasa. Namun, kami sangat pemerintah mendukung kemungkinan (merger-red) ini yang sangat baik bagi pertumbuhan industri telekomunikasi Indonesia. Saat ini, kami fokus terhadap pertumbuhan dan strategi yang sudah disiapkan," tutur Vikram.

Dalam MoU yang dilakukan para pemegang saham Indosat dan Tri menyebutkan setidaknya butuh waktu empat bulan ke depan mencari kecocokan antara kedua perusahaan sebelum sepakat untuk merger.


Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia M Danny Buldansyah selama proses tersebut, kedua perusahaan akan berjalan seperti biasa, selagi berdiskusi mengenai kondisi masing-masing perusahaan.

Disebutkan periode eksklusivitas MoU ini berlaku hingga 30 April 2021, di mana itu artinya Tri dan Indosat dilarang untuk menjalin kerja sama dengan operator lain selama MoU tersebut berlaku.

Diketahui, Ooredoo menggenggam sekitar 65% saham Indosat. Sementara, di Indonesia Hutchison memiliki Tri yang dikelola PT Hutchison 3 Indonesia. Kesepakatan ini akan melibatkan penawaran tunai dan saham.



Simak Video "Indosat Resmi Merger dengan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)