Indonesia Gelar 5G di 2021, Kominfo ke Operator: Yuk, Siap-siap!

Indonesia Gelar 5G di 2021, Kominfo ke Operator: Yuk, Siap-siap!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 19 Des 2020 18:19 WIB
Jaringan 5G
Ilustrasi 5G. Foto: Reuters
Jakarta -

Indonesia berambisi untuk menggelar jaringan 5G tahun 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau agar para operator seluler bersiap-siap ke jaringan seluler paling mutakhir ini.

"Setelah pengumuman pemenang lelang spektrum ini, Kementerian Kominfo mendorong tiga pemenang, Smartfren, Telkomsel, dan Tri untuk segera melakukan persiapan penggelaran layanan 5G sesuai dengan komitmennya," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada detikINET.

Sebagai informasi, Smartfren, Telkomsel, dan Tri merupakan operator seluler yang baru saja mendapatkan amunisi baru berupa tambahan spektrum di frekuensi 2,3 GHz yang masing-masing satu blok. Di frekuensi 2,3 GHz itu nantinya akan diarahkan pemerintah untuk transformasi digital hingga penggelaran layanan 5G di Indonesia.

Rupanya tidak hanya frekuensi 2,3 GHz, seperti disampaikan Dedy, operator seluler bisa menghadirkan 5G dengan frekuensi yang sudah ada.

"Indonesia telah menerapkan kebijakan netral teknologi dalam penggunaan pita frekuensi seluler. Oleh karena itu, operator tidak hanya dapat menggunakan pita 2,3 GHz untuk penerapan teknologi 5G, tetapi juga pita-pita frekuensi lain yang sudah eksisting dimiliki oleh masing-masing operator seluler, seperti misalnya 900 MHz, 1800 MHz, dan 2,1 GHz," tuturnya.

Di sisi lain, Kominfo juga terus menyempurnakan peta jalan 5G agar penggelaran teknologi seluler terbaru itu bisa tercapai.

"Langkah lain yang akan dilakukan Kominfo adalah terselesaikannya Peta Jalan (Roadmap) Implementasi 5G di Indonesia melalui Gugus Tugas (Task Force) 5G Kementerian Kominfo. Peta Jalan ini tidak hanya berisi terkait rencana manajemen spektrum saja, namun juga berisi kerangka pengembangan 5G secara holistik, termasuk pengembangan eksosistem 5G nasional dan juga SDM pendukungnya," pungkasnya.



Simak Video "Indonesia Bersiap Cicipi 5G pada 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)